PEMBERDAYAAN ANAK DISABILITAS TK AR-RAZZAQ AL-MUGHNI UNTUK PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA PADANG

(1) * Fitra Afrida Amna Mail (Universitas Syedza Saintika, Indonesia)
(2) Meldafia Idaman Mail (Universitas Syedza Saintika, Indonesia)
(3) Riva Nadia Putri Mail (Universitas Syedza Saintika, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak penyandang disabilitas di TK Ar-Razzaq Al-Mughni dalam mewujudkan pendidikan inklusif di Kota Padang. Program ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kapasitas guru, orang tua, dan sekolah dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan kolaborasi dengan UPTD Dinas Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Padang. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dan orang tua dalam menggunakan modul pembelajaran khusus untuk anak, kemampuan untuk berjejaring anak penyandang disabilitas, dan penyusunan video edukasi. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus menerima layanan pendidikan yang sesuai. Berdasarkan hasil pembahasan, nilai rata-rata pre test dan post-test adalah 43,72%. Kerja sama dengan UPTD Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Padang telah berhasil memperkuat kapasitas kelembagaan mitra, menghasilkan peta pemeraan kelompok sasaran ABK dan pembagian tugas yang jelas. Selain itu, keterampilan praktis guru dan orang tua dalam komunikasi interpersonal dan pembuatan video pendidikan menarik dan memperluas jangkauan program ke komunitas yang lebih luas. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dan orang tua dalam menangani anak berkebutuhan khusus, serta membuat video sebagai media edukasi. Kegiatan ini merupakan model pemberdayaan berbasis kolaborasi untuk mendukung sistem pendidikan yang adaptif, ramah anak, dan inklusif

Keywords


ABK, pendidikan inklusif, pemberdayaan, TK inklusif, LDPI Kota Padang

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.3953-3960
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i10.2025.3953-3960 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Penyelenggaraan pendidikan inklusif berarti menciptakan sebuah lingkungan agar siswa berkebutuhan khusus dapat belajar, bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya tanpa diskriminasi. Info Singkat. DPR RI; 2024.

UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Sosialisasi Implementasi Pendidikan Inklusif di TK Aisyah II Padang. 2023.

Febriadi R. Perancangan dan Pembuatan Sistem Pakar Mendeteksi Kesulitan Belajar Anak di Kota Padang. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang; 2021.

Yulhendri. Pendidikan Anak Disabilitas dalam Pengimplementasian CRPD di Kota Padang. Universitas Andalas; 2020.

Fitra Afrida Amna. Pelatihan Penulisan Kata untuk Anak PAUD Kelas B1 di TK Ar-Razzaq Al- Mughni; 2024.

Beny DP, Anggriana TM. Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Inklusif. In: Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan; 2023 [diakses 6 Juni 2025]. Tersedia pada: https://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/13254

Thadius Y. Menumbuhkan Resiliensi Komunitas Keluarga dengan Anak Disabilitas Intelektual melalui Pendampingan Penguatan Kapasitas dan Pemberdayaan Keluarga. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya; 2023 [diakses 6 Juni 2025]. Tersedia pada: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/snpm/article/view/1242

Putri FE. Desain Berpikir: Pengaruh Penggunaan Model Pengajaran Berbasis Pemecahan Masalah pada Pendidikan Inklusif. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan. Jakarta: Asosiasi Riset Ilmu Pendidikan Indonesia; 2025 [diakses 6 Juni 2025]. Tersedia pada: https://prosiding.aripi.or.id/index.php/PROSEMNASIPI/index

Tim Seminar PAUD Inklusi. Seminar PAUD Inklusi: Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Gowa. In: Prosiding Seminar PAUD Inklusi. Gowa: Pemerintah Kab. Gowa; 2023 [diakses 6 Juni 2025]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/376402928

Deprianto D, Sasmita S. Kapasitas Kelembagaan Universitas Negeri Padang Dalam Mengakomodasi Pendidikan Inklusif Kepada Penyandang Disabilitas. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. 2024;5(2):1-12.

Suci DN. Penerapan Layanan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-kanak. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2021.

Artikel ini mengkaji tentang hak memperoleh pendidikan inklusif terhadap penyandang disabilitas di Kota Banda Aceh. Jurnal. Universitas Syiah Kuala; 2024.

Lendra E. Pengembangan Program Sekolah Penyelenggara Layanan Pendidikan Inklusi di SD Negeri X Kota Padang. Universitas Pendidikan Indonesia; 2017.

Suci DN. Penerapan Layanan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-kanak. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2021.

Rosmika, R., Widiyastuti, A., & Kasih, D. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pramenulis Melalui Media Papan Pintar di TK Mutiara Anak Bangsa Cianjur. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 225-233.

Fuada, S., Sari, D. P., Fujiyanti, V., & Triyulia, F. (2022). Penguatan Pembelajaran Online untuk Siswa TK Melalui Aplikasi Android “Quiver-3D Coloring Augmented Reality”. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1).

Pitaloka, A. A. P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 26-42


Refbacks

  • There are currently no refbacks.