
(2) Mitro Subroto

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Program Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dalam peningkatan minat baca narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan pembinaan intelektual narapidana sebagai bagian dari reintegrasi sosial, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Program kolecer hadir sebagai inovasi perpustakaan mini yang ditempatkan di blok hunian narapidana untuk mempermudah akses terhadap bahan bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis berdasarkan teori efektivitas program menurut Sutrisno (2007). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kolecer berjalan efektif pada lima dimensi efektivitas, yakni pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Program ini terbukti mampu meningkatkan minat baca, pengetahuan, serta perilaku positif narapidana, meskipun masih diperlukan penambahan variasi koleksi buku agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Kesimpulannya, program kolecer berperan penting dalam mendukung pembinaan intelektual narapidana dan memberikan dampak positif terhadap proses reintegrasi sosial. KeywordsEfektivitas, Kotak Literasi Cerdas, Minat Baca, Narapidana, Pemasyarakatan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.4043-4048 |
Article metrics10.31604/jips.v12i10.2025.4043-4048 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Anis, I., Usman, J., & Arfah, S. R. (2021). Efektivitas Program Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. E-Journal Unimus, 2, 3, 1105–1116.
Bella, K. O., Indriyani, M., & Fajar, C. (2019). Peran Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Narapidana. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 49–64.
Faturahman, M. I. A., & Andryany, V. (2022). Analisis Efektivitas Implementasi Program Lapak Baca Oleh Karang Taruna Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Wilayah Kelurahan Cakung Barat. Jurnal Reformasi Administrasi, Vol 9 No 2(2), 136–139.
Firdaus, F. A., & Imam, R. K. (2024). Analysis Of Library Management In Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Yogyakarta In Improving Prisoners Reading Interest. Jpua: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan,
Halimah, N., & Nuriyah, A. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Simba Dalam Pengelolaan Zakat Di Badan Amil Zakat Kota Bukittinggi. Ijieb: Indonesian Journal Of Islamic Economics And Business, 8(1), 21–45.
Nazara, E. R. S., & Wibowo, P. (2023). Apakah Pembinaan Intelektual Bisa Membuat Warga Binaan Pemasyarakatan Dapat Memperbaiki Diri Khususnya Di Lapas Kelas Iib Gunungsitoli. Jurnal Sains Student Research, 1(1), 84-97.
Pamella, K., Winoto, Y., & Khadijah, U. L. S. (2023). Program Penguatan Literasi Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 30–34.
Pangestu, Y. (2022). Peran Petugas Pemasyarakatan Dalam Meningkatkan Semangat Dan Kondisi Kejiwaan Bagi Narapidana Seumur Hidup. Supremasi : Jurnal Hukum.
Pratama, L. R., & Wibowo, P. (2023). Hubungan Perpustakaan Sebagai Media Rekreasi Dalam Meningkatkan Afinitas Baca Natapidana Di Lapas. Cendikia Pendidikan, 1, 10–20.
Siregar, A. H. (2024). Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Bagi Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iii Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(4), 150–155.
Refbacks
- There are currently no refbacks.