ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COOLERCITY ICE CREAM DI KOTA MEDAN

Bagus Pangestu, Annisa Sanny

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coolercity Ice Cream Asia Megamas Medan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena meningkatnya persaingan dalam industri minuman es krim dan teh di Indonesia, khususnya dengan kehadiran brand Mixue yang berhasil menarik perhatian masyarakat, terutama generasi muda. Persaingan yang ketat dan perubahan preferensi konsumen berdampak pada penurunan signifikan penjualan Coolercity sepanjang tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling, melibatkan 88 responden yang merupakan konsumen Coolercity Asia Megamas. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R sebesar 0,852 dan R Square sebesar 0,725 menunjukkan bahwa 72,5% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh digital marketing. Meskipun demikian, implementasi digital marketing pada Coolercity dinilai masih kurang optimal, khususnya dalam pemanfaatan website dan media sosial. Oleh karena itu, disarankan agar Coolercity meningkatkan strategi pemasaran digital, termasuk pengembangan konten sosial media yang konsisten, kemudahan akses informasi melalui website, serta penggunaan email marketing untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.


Keywords


Keputusan Pembelian, Digital Marketing, Pemasaran, Ice Cream, Coolercity

Full Text:

PDF

References


Chandra, Elbahar, and Ph.D syahputra, S.Sos., M.Sc., M.B.A, ‘???? 1,2,3) 1)’, 8.2 (2021), p. 2021

Lupiyoadi,R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ryan, D. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). Kogan Page.

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/j.bushor .2014.07.002

Leeflang, P. S. H., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European Management Journal, 32(1), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.emj.20 13.12.001

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020). Panduan Pemasaran Digital bagi UMKM. Diakses dari: https://kominfo.go.id

Google & Temasek. (2019). e-Conomy SEA 2019 Report. Diakses dari: https://economysea.withgoogle. com Jurnal, Proposal, and Duma Sarin, ‘DETERMINASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL ANTARES DI KOTA MEDAN’, 2024

Ragatirta, Laurensius Panji, and Erna Tiningrum, ‘Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Rown Division Surakarta)’, Excellent, 7.2 (2021), pp. 143–52,

doi:10.36587/exc.v7i2.793 (Sholihah, 2019; Dossena et al., 2020; Haryanto,

Pebriyanto and Banjarmasin, 2020; Kim and Velthuis, 2021

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi

Kotler, P., dan Amstrong, G., (2016), “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Edisi 12, Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Analisis Citra Merek, Periklanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Ayu Nurafni Octavia, Debby Erlinda, Meliana Putri Lau

Artha, N. Y., Sanny, A., Syahputri, A. D., & Novrian, R. M. (2025). Pengaruh Social Media Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). YUME: Journal of




DOI: https://doi.org/10.31604/jips.v12i9.2025.3848-3858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.