MEREKONSTRUKSI DIRI: AFIRMASI POSITIF MENINGATKAN SELF ESTEEM PELAKU PELECEHAN SEKSUAL

Habibullah Maulana Akbar, Yuninda Tria Ningsih

Abstract


Melihat pemberian afirmasi positif untuk meningkatkan self esteem kasus pelecehan seksual di LPKA Kelas II Payakumbuh. Penelitian berbentuk quasi experiment pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 12 orang dengan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan untuk menghitung skor pretest-posttest self esteem menggunakan rosenberg self esteem scale yang dimodifikasi oleh Maroqi (2018) dan dilakukan try out kembali dan uji keterbacaan untuk penyesuaian dengan subjek penelitian. Pemberian afirmasi positif menggunakan modul 18 days of affirmation yang disusun oleh peneliti yang merujuk pada Canfield (2017) dan Hay (2011). Uji   dilakukan sebagai analisis data yang dilakukan manual dan didapatkan nilai U hitung dan U tabel adalah 0 ? 7 yang berarti signifikan sehingga Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan bahwa afirmasi positif dapat meningkatkan self esteem pada remaja permasalahan pelecehan seksual yang berada di LPKA Kelas II Payakumbuh.


Keywords


Afirmasi positif, self esteem, remaja kasus pelecehan seksual di LPKA.

Full Text:

PDF

References


Canfield, J. (2017). Success Affirmations: 52 Weeks for Living a Passionate and Purposeful Life. Health Communications, Inc. 978-0-7573-2025-5.

Effendi, Z., Poeranto, S., & Supriati, L. (2016). Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Peningkatan Self Esteem Remaja. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 2(4).

Fakhrah, F., & Purnamaningsih, E. H. (2020). Program Aktif (Aku Positif) untuk Meningkatkan Harga Diri Menjelang Masa Bebas pada Anak Didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 107. https://doi.org/10.22146/gamajpp.55364

Harris, P., Richards, A., & Bond, R. (2022). Individual Differences In Spontaneous Self-Affirmation and Mental Health: Relationships With Self-Esteem, Dispositional Optimism and Coping. Self and Identity, 22, 351 - 378. https://doi.org/10.1080/15298868.2022.2099455.

Hay, L. L. (2011). 21 Days to Master Affirmations. Hay House. 978-1-84850-889-7.

Heather, T., & Wyland, C. (2019). Assessing Self-Esteem. Positive Psychological Assessment: A Handbook of Models And Measures (2nd ed.). https://dpo.org/10.1037/10612-014

Kadian, A. (2023). The Use of Affirmations in Increasing Self- Esteem. International Journal For Multidisciplinary Research. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i04.4348.

Kemendikbudristek. (2024). Undang-Undang No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

Kemenkumham. (2024). Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Lannin, D., Bible, J., Harris, P., Russell, L., Arellanes, J., & Yazedjian, A. (2021). How Is Spontaneous Self-Affirmation Linked to Self-Esteem? A Cross-Lagged Examination. Journal of Research in Personality. https://doi.org/10.1016/J.JRP.2021.104091.

Mahanani, G. P., & Nurwianti, F. (2018). Intervensi Kognitif Perilaku Dalam Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Pada Mahasiswi yang Tinggal Di Asrama Univeristas. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i2.11569

Maroqi, N. (2018). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Rosenberg Self Esteem Scale Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). JP3I: Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 7(2), 92–96. http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v7i2.12101

Nazmy. (2012). Teknik Afirmasi Positif. https://www.scribd.com/document/452987117/Teknik-Afirmasi-Positif-pdf

Nguyen, D., Wright, E., Dedding, C., Pham, T., & Bunders, J. (2019). Low Self-Esteem and Its Association With Anxiety, Depression, and Suicidal Ideation in Vietnamese Secondary School Students: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychiatry, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00698.

Rimes, K., Smith, P., & Bridge, L. (2023). Low Self-Esteem: A Refined Cognitive Behavioural Model. Behavioural and Cognitive Psychotherapy, 1-16. https://doi.org/10.1017/S1352465823000048.

Rosenberg, M. (1965). Society and The Adolescent Self-Image. Princeton University Press. https://doi.org/10.1515/9781400876136.

Steele, C. M. (1988). The Psychology of Self-Affirmation: Sustaining The Integrity of The Self. In L. Berkowitz (Ed.), Advances In Experimental Social Psychology (Vol. 21, pp. 261-302). Academic Press. https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60229-4

Stets, J., & Burke, P. (2014). Self-Esteem and Identities. Sociological Perspectives, 57, 409 - 433. https://doi.org/10.1177/0731121414536141.

Utami, R. R., & Asih, M. K. (2017). Konsep Diri dan Rasa Bersalah Pada Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Kutoarjo. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 123-132




DOI: https://doi.org/10.31604/jips.v12i9.2025.3826-3834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.