ORIENTASI MASA DEPAN SEBAGAI PREDIKTOR TASK COMMITMENT ACADEMIC MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

(1) * Indra Indra Mail (Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia)
(2) Sri Nugroho Jati Mail (Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia)
(3) Nur Kur’ani Mail (Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Mahasiswa didefinisikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau di lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki kecerdasan yang tinggi, kecerdasan berfikir, dan kemampuan untuk mempersiapkan tindakan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah usaha agar bisa menjalani sebuah commitment dalam menyelasaikan tugas. Hal ini dapat memberikan dampak pada keadaan masa depan mahasiswa, yang biasa dikenal dengan orientasi masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi masa depan terhadap task commitment yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak angkatan 2020 dengan teknik penarikan sampel stratified sampling dan jumlah 127 orang. Alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala orientasi masa depan dan task commitment. Hasil analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil koefisien regresi sebesar 0,549 yang menunjukan hubungan positif antara orientasi masa depan terhadap task commitment. Semakin tinggi orientasi masa depan maka semakin tinggi pula task commitment dengan sumbangan efektif sebesar 30,1% dan 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain diantaranya efikasi diri dan harga diri memberikan sumbangan sebesar 59,6% dan optimism memberikan sumbangan sebesar 48,2%.


Keywords


Mahasiswa, Orientasi Masa Depan, Task Commitment.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.4229-4236
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i10.2025.4229-4236 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amaliyah, A. (2021). Hubungan Aspirasi Masa Depan dengan Task Commitment pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi MANDALA, 5(1), 9–18.

Amini, M., Mayangsari, M. D., Rika, D., & Zwagery, V. (2019). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Komitmen Tugas Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi the Relationship Between1Self Directed Learning and Task Commitment Among Psychology Student. Jurnal Kognisia, 2(2), 149–152. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1681/1332

Anggraini, V., & Neviyarni (2020) The Task Commitment on Student. Journal of Counseling, Education and Society, 1(1), 13-16.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Guepedia.

Dahlan, E.S., Aisyiyah, N., Istiwatie, D. (2019). Celoteh Guru: Antologi Artikel Guru BK, SMA, SMK, PKLK. Rose Book.

Dirwan, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Mahasiswa Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta A. 379–391.

Doni, S. R. (2019). Pengaruh Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orangtua Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Program Studi/ Kuliah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 369–374. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4794

Eltink, E. M. A., Ten Hoeve, J., De Jongh, T., Van der Helm, G. H. P., Wissink, I. B., & Stams, G. J. J. M. (2018). Stability and Change of Adolescents’ Aggressive Behavior in Residential Youth Care. Child and Youth Care Forum, 47(2), 199–217. https://doi.org/10.1007/s10566-017-9425-y

Gloria A. Tangkeallo, Rijanto Purbojo, & Kartika S. Sitorus. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 25–32.

Hanim, L. M., & Ahlas, S. A. (2020). Orientasi masa depan dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41-48.

Hartanto, F. (2009). Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nila dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani. Mizan dan PT. Integre Quadro.

Kurniasih, N., R., & Harta, I. (2019) Analisis Kemampuan Kognititf Matematika Berdasarkan Task Commitment Siswa Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 14-26.

Lestari, E. (2014). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Daya Juang Pada Siswa-Siswi Kelas XII Di SMA Negeri 13 Samarinda Utara. Jurnal Psikoborneo, 2(2), 112-119.

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa The Relationship of Self Regulated Learning and Self Efficacy with Student’s Academic Procrastination. Jurnal Diversita Available, 4(2), 90–98.

Nasution, R. A. M., & Anastasya, Y. A. (2022) Hubungan Optimisme dengan Orientasi Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Malikussaleh. Jipsi. 4(2), 53-62.

Nopirda, Y., Oktivianto, O., & Dhevi, N. R. (2020). Hubungan Self Esteem Dan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan Pada Siswa Kelas Xi Di Palembang. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 107–116. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.721

Nurin, K. (2021). The Power of Planning: Gagal Merencanakan: Merencanakan Kegagalan. Penerbit Anak Hebat Indonesia.

Periantalo, J. (2016) Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Preska, L., & Wahyuni, Z. I. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem Dan Self-Efficacy Terhadap Orientasi Masa Depan Pada Remaja Akhir. TAZKIYA: Journal of Psychology, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.810

Puspita, D.R., Rusli, R., & Mayangsari, D. M., (2018). Hubungan Task Commitment Dengan Flow Akademik Pada Peserta Didik Yang Memiliki Kecerdasaan Intelektual Superior Di SMAN 1 Martapura. Jurnal Kognisia, 2(1), 47-54.

Renzulli, J. . (2005). The Three-Ring Conception Of Giftedness: A Developmental Model For Promoting Creative Productivity. Prufrock Press.

Rostiawati, E. (2022). Komitmen Tugas dan Organizational Citizenship Behavior Pada Pegawai Negeri Sipil. PT. Nasya Expanding Management.

Saputra, N.A., Munaf, Y. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish Publisher.

Seginer, R. (2009). future orientation: Developmental and ecological Perspectives. Springer Science & Business Media.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA.

Sumanto, M. A. (2014). Psikologi perkembangan. Media Pressindo.

Susanto, R. (2022). Profesi Kependidikan: Membangun Nilai Profesi, Keterampilan Pribadi, dan Strategi Kompetensi Profesi. Penerbit Andi.

Tarigan, B. A., Nur, V. W., Efendy, V. T., Stevani, L., Vera. M., & Safarina, N. A. (2023). Orientasi Masa Depan, Efikasi Diri dan Harga Diri pada Mahasiswa. Jurnal Sublimapsi. 4(3), 525-537.

Undang-Undang. (2003). Undang Undang No. 20 Tahun 2003. 1116/MENKE(4), 1–22.

Zeit, A. (2021). The Power of Self Discipline: How to Achieve Highly Effective People Habits through Mental Toughness and Become a Successful Person.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.