PENGOPTIMALAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL KLIEN PEMASYARAKATAN DI BALAI PEMASYARAKATAN

(1) * Winda Rizkidawati Mail (, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Dalam proses berinteraksi sosial diperlukan kompetensi interpersonal seseorang agar dapat menjalin sebuah hubungan di dalam masyarakat. Kurangnya kompetensi interpersonal yang dimiliki oleh klien pemasyarakatan merupakan salah satu hambatan dalam proses reintegrasi yang dilaksanakan di tengah masyarakat. Oleh karena itu diperlukan program bimbingan dari Balai pemasyarakatan kepada klien pemasyarakatan melalui program bimbingan kelompok yang dapat menghasilkan perilaku dalam meningkatkan kemampuan interpersonal yang dimiliki oleh klien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training efektif untuk meningkatkan kompetensi interpersonal klien pemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training merupakan program yang optimal dan efektif dalam meningkatkan kompetensi interpersonal klien pemasayarakatan di Balai Pemasyaakatan.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Assertive Training, Kompetensi Interpersonal

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.97-102
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i1.2021.97-102 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Achlis. (2011). Praktek Pekerjaan Sosial I. Bandung: Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Raharjo, Tri Santoso. (2015). Isu-Isu Kontemporer Bidang Praktek Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Profesi Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nurisihah. (2009). Bimbingan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Aditama

Rahmi, Nurul. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Tehnik Assertive Training untuk Meningkatkan Kompetensi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kandangan: Menelaah Tehnik Assertive Training. Tarbiyah Islamiyah 2016, Vol. 1, No. 6, 3 – 25.

Pratiwi, D.F., Rachim, H.A., & Darwis, R.S. (2015). Keberfungsian Sosial Buruh Perempuan pada Sektor Industri dalam Keluarga. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 02, No. 02, Oktober 2015: 147-300.

Republik Indonesia (1995). Undang-Undang Tentang Pemasyarakatan No. 12 tahun 1995. Jakarta.

Frensterheim dan Baer. (2011). Perilaku Asertif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.