
(2) Roziyahtul Khoirot

(3) Vera Ameilia

*corresponding author
AbstractPerkembangan teknologi di era digital mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam memilih layanan keuangan, termasuk perbankan digital. Di tengah kemudahan akses tersebut, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami layanan bank digital secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan suku bunga terhadap preferensi masyarakat dalam menggunakan bank digitak di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih secara purposive. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh masinng-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi masyarakat terhadap bank digital. Sementara itu, suku bunga juga memiliki pengaruh terhadap preferensi tersebut, meskipun tidak sebesar pengaruh literasi keuangan. Pemahaman masyarakat terhadap konsep keuangan sangat berperan dalam meningkatkan minat menggunakan layanan perbankan digital. Oleh karena itu, edukasi literasi keuangan perlu ditingkatkan agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan keuangan digital secara optimal dan bijak. KeywordsLiterasi keuangan, suku bunga, preferensi, bank digital.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.4193-4203 |
Article metrics10.31604/jips.v12i10.2025.4193-4203 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Ananda Meylani Puteri, Intan Inanda, & Rifaldy Bagas Prasetio. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Preferensi Bank Digital di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16–25. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4467
Dwi Utami Yesika, & Sukamto. (2020). Pengaruh Kenaikan Suku Bunga Bi Dan Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jurnal Mu’allim, 2(2), 158–174. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2275
Florensa, M., Rengga, A., & Sanga, K. P. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa (Studi Empiris pada Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa). Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(4), 210–234. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jumia
Khairunnisak, S. (2021). PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT.
Lindananty, & Christina, E. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 676–679.
Muhammad Basri, & Muarif Leo. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 421–427. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.659
Negara, I. S., & Maulina, A. (2023). Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung pada PT. Bank Panin Tbk. KCU Bekasi. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 4(2), 147–152. https://doi.org/10.31334/abiwara.v4i2.4131
Rina Pradnyawati, N. K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2023). Pengaruh Suku Bunga, Prosedur Kredit, Kualitas Pelayanan, dan Jaminan Terhadap Keputusan Kredit Para Pelaku UMKM di Kecamatan Mendoyo. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(02), 408–418. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i02.62188
Tiffani, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Mbia, 22(1), 152–167. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2039
Refbacks
- There are currently no refbacks.