
(2) Wanty Khaira

*corresponding author
AbstractKeterampilan berbicara merupakan kemampuan fundamental yang harus dikuasai oleh calon Guru Bimbingan dan Konseling (BK) agar dapat memberikan layanan yang efektif. Namun, observasi awal menunjukkan bahwa beberapa calon guru BK mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan dengan jelas, teratur, dan dengan rasa percaya diri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pemanfaatan platform TikTok sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bagi calon guru BK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah sekumpulan mahasiswa dari program studi Bimbingan dan Konseling yang dipilih secara sengaja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berbicara yang dinilai berdasarkan kriteria kelancaran, kejelasan, struktur, dan ekspresi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik paired sample t-test dan perhitungan N-Gain sebagai indikator peningkatan keterampilan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor keterampilan berbicara dari 76,71 pada pretest menjadi 95,14 pada posttest, dengan nilai N-Gain mencapai 0,74 yang tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok efektif sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif dalam mengembangkan keterampilan berbicara calon guru BK. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi media sosial berbasis video pendek dalam strategi pembelajaran keterampilan komunikasi.
KeywordsTiktok, Keterampilan Berbicara, Guru BK, Media Pembelajaran
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.4173-4182 |
Article metrics10.31604/jips.v12i10.2025.4173-4182 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Aji, M. F. (2018). Pemanfaatan aplikasi TikTok dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 45–53.
Aji, M. F. (2019). Penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keberanian berbicara siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 110–120. https://doi.org/10.1234/jtp.v11i2.110
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). Longman Inc.
Chaeruman, U. A. (2008). Desain sistem pembelajaran interaktif. Jakarta: Kencana.
Prasetyo, B., & Widyaningrum, R. (2021). Efektivitas media sosial TikTok dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 201–210. https://doi.org/10.5678/jip.v8i3.201
Prayoga, A., & Handayani, L. (2022). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran digital abad 21. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 4(1), 33–41.
Rahmawati, L. (2021). Keterampilan berbicara dalam konteks pendidikan: Teori dan praktik. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa, 9(1), 12–19.
Rahmawati, L. (2023). Meningkatkan keterlibatan belajar siswa melalui penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Interaktif, 5(2), 88–96.
Rahayu, S., & Sutarto, H. (2021). Analisis keterampilan berbicara mahasiswa bimbingan konseling dalam konteks akademik. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 54–62. https://doi.org/10.5678/jbk.v10i2.54
Sari, R., & Nugroho, T. (2023). Hubungan keterampilan berbicara dan efektivitas layanan konseling oleh calon guru BK. Jurnal Konseling Pendidikan, 7(1), 23–30.
Statista. (2024). Number of TikTok users in Indonesia as of January 2024. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/1251225/indonesia-number-of-tiktok-users
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Urip Purwono. (2010). Penilaian kelayakan isi dan penyajian dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(4), 471–482.
Utami, N. W., & Nurhaliza, A. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran literasi digital mahasiswa. Jurnal Media Pendidikan Digital, 5(2), 102–109.
Wahyuni, S., Lestari, A., & Gunawan, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dengan model Borg and Gall. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–143. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.15432
We Are Social. (2024). Digital 2024: Indonesia. Retrieved from https://wearesocial.com/indonesia/digital-2024/
Wibowo, A., & Hartati, S. (2020). Peran keterampilan komunikasi dalam layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 50–58.
Wulandari, D., & Hermawan, R. (2022). Media pembelajaran digital sebagai solusi pembelajaran daring: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 140–150.
Yuliana, D., & Maulida, I. (2022). Strategi pembelajaran keterampilan berbicara untuk generasi digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa, 3(1), 66–74.
Refbacks
- There are currently no refbacks.