
(2) Nasrun Harahap

*corresponding author
AbstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, dalam kerangka pendidikan kontemporer, desain materi pembelajaran yang kreatif dan sukses untuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik studi literatur adalah metodologi yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan pedagogis, kemajuan teknologi, dan prinsip-prinsip Islam harus semua diintegrasikan ke dalam desain materi pembelajaran PAI yang efektif. Telah terbukti bahwa sumber belajar berbasis teknologi seperti perangkat lunak interaktif, e-learning, dan film animasi meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konten PAI. Untuk menyediakan materi pembelajaran yang relevan dan menarik, esai ini juga menyoroti pentingnya kerjasama antara pendidik, desainer, dan pengembang teknologi. Untuk menyediakan bahan ajar PAI yang tidak hanya edukatif tetapi juga memotivasi dan sesuai dengan tuntutan generasi digital, penelitian ini memberikan saran kepada pendidik dan produsen media. KeywordsDesain Media Pembelajaran, PAI, Inovasi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i6.2025.%25p |
Article metrics10.31604/jips.v12i6.2025.%p Abstract views : 5 | PDF views : 2 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Jilid 10 (Beirut: Dar al-Fikr, 2006)
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
H, M. N., Nurhasanah, H., Hidayat, S., & Yonani, S. (2024). Media Dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11315–11329. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11900
Kementerian Agama RI. (2020). Panduan Pengembangan Media Pembelajaran PAI. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam.
Khatibah. (2011). Penelitian kepustakaan. 0(01), 36–39. Nurhidayah, S. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk PAI. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 112-125.
Khairyah, F., & Syahputra, M. I. (t.t.). DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010)
H, M. N., Nurhasanah, H., Hidayat, S., & Yonani, S. (2024). Media Dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11315–11329. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11900
Kkhhaaiirriiyyaahh, F., & Syahputra, M. I. (t.t.). DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PPEENNGGEEMMBBAANNGGAANN PPEERREENNCCAANNAAAANN PEMBELAJARAN PAI.
Nasa’i, A., & Sari, N. R. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 6(1), 1707–1714. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3126
Nuramini, A., Pd, M., Suri, D. R., Pd, M., Sofiani, I. K., Pd, M., Susanti, T., Pd, M., Ritonga, S., Robiah, D., Munawarah, S., Pd, M., Pd, D. A. M., Ulfa, M., Pd, M., Pd, S., Pd, M., Pd, M., Kabanga’, T., … Pd, M. (t.t.). METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.
ProfKHSaiffudin Zuhri Purwokerto, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SD BERBASIS APLIKASI CANVA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1921
Nurhidayah, S. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk PAI. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 112-125.
ProfKHSaiffudin Zuhri Purwokerto, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SD BERBASIS APLIKASI CANVA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1921
Rahman, F. (2022). Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran PAI di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 78-90.
Susanto, E. (2021). Teknologi dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 45-60.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.