
(2) Rahmi Rahmi

(3) Sholikhah Sholikhah

*corresponding author
AbstractKepuasan pelanggan adalah tanggapan dari seorang pelanggan terhadap hasil yang diberikan antara tingkat kepentingan sebelumnya dan pelayanan aktual yang dirasakan setelah pemakaian. Fastbreak merupakan salah satu perusahaan jasa perawatan sepatu yang ada di Bekasi. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam perawatan sepatu antara lain jasa mencuci sepatu, merekatkan ulang sepatu (reglue), dan menghilangkan noda menguning (unyellowing). Fastbreak menyediakan berbagai perawatan yang disesuaikan dengan bahan dan tingkat kekotoran dari sepatu untuk mempermudah masyarakat pengguna sepatu dalam merawat dan membersihkan sepatunya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan pada jasa cuci sepatu Fastbreak Bekasi menggunakan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 150 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Analisis Deskriptif Servqual Fastbreak Bekasi: Sudut Pandang Kenyataan: Servqual masuk kategori "cukup puas", Sudut Pandang Harapan: Servqual masuk kategori "sangat penting", Sudut Pandang Minimum: Servqual masuk kategori "penting". 2) Analisis Zone of Tolerance menunjukkan Servqual pada pelayanan jasa Fastbreak Bekasi berada di batas toleransi pengguna yang mengindikasikan bahwa Servqual pelayanan jasa cukup memuaskan, akan tetapi belum mencapai harapan pelanggan dan perlu diadakan perbaikan. 3) Gap Servqual diketahui memiliki gap negatif yang mengindikasikan bahwa Servqual pelayanan Fastbreak Bekasi tidak memenuhi harapan pelanggan. 4) Fastbreak Bekasi terdapat pada 8 atribut dengan gap tertinggi pada Tangible (tidak memiliki ruangan yang nyaman) dan Assurance (tidak menjamin keamanan barang pelanggan). KeywordsKepuasan Pelanggan, Service Quality, Importance Performance Analysis.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i3.2025.1175-1193 |
Article metrics10.31604/jips.v12i3.2025.1175-1193 Abstract views : 3 | PDF views : 1 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. 13(2), 232–236.
Bagaskara, S. (2020). Jurnal SENOPATI Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Analisis Kepuasan Pelanggan pada Jasa Cuci Sepatu SANS.INC dengan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Elsa, K., Chandra, A. K., & Pranata, S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy di Kabupaten Cirebon. Jurnal EBI, 4(1). https://doi.org/10.52061/ebi.v4i1.56
Fadillah, H., Hadining, A. F., & Puspa Sari, R. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Abc Laundry Dengan Menggunakan Metode Service quality, Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI). In Jurnal Teknik Industri (Vol. 15, Issue 1).
Fajar, M. R., Suhud, U., & Febrilia, I. (2023). Analisis Variabel-Variabel Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pameran Sepatu Jakarta Sneakers Day. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1249-1270.
Hartanto, V., & Mulyono, G. (2020). Perancangan Interior Galeri Sneakers dan Workshop Bagi Komunitas Sneakers di Surabaya. JURNAL INTRA, 5, 16–26.
Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Realibility, Responsiveness, Dan AssuranceTerhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah.
Hussin, N. L., Jihan, N., Basri, H., Muhamad, N., Esa, M. M., Miskan, N., & Liyana Hussin, N. (2023). Service quality and Customer Satisfaction at Self-Service Laundries: SERVQUAL Model.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson
Keller, K. L., & Kotler, P. (2022). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing (pp. 205-224). Edward Elgar Publishing.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.
Octavini, N. A., Suryanisari, P., Rohmatulloh, P., Wiyanti, S., Sarjana, S. H., Sawitri, R. A., Mendrofa, S. A., Fadli, K., Waidah, D. F., Oktavia, N. T., Supriyadi, E., & Sutisna, A. J. (2023). Pemasaran (Konsep dan Praktik). CV. Edupedia Publisher.
Prasetyo, N. (2020). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Kediri. Risk : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek
Purnama, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Vol. 14, Issue 2).
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.
Tapu, K. F. N. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: PT. Paxel Metro Bandung). Neraca Manajemen, Ekonomi, 3.
Yuli Ernawati, F., Novandalina, A., Tsaniyah, D., Tinggi, S., & Semarang, I. E. (2022). Analysis Of Product Quality And Service quality Factors On Consumer Satisfaction (A Case Study At The Kremes Chicken Restaurant In Purwodadi). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Yulia, I. A., Susanto, H., & Mulia, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Lampu Pada PT. Skylite Surya Internusa Influence Of Product Quality And Satisfaction Consumers On Decisions Purchase Of Lamp House On Pt. Skylite Solar Internusa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.