(2) Mirna Nur Alia Abdullah
(3) Muhammad Retsa Rizaldi Mujayapura
*corresponding author
AbstractTransisi akademik dari pendidikan sekolah menengah ke perguruan tinggi kerap menimbulkan tantangan baru bagi mahasiswa tahun pertama. Khususnya dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial yang baru sekaligus menghadapi tekanan akademik yang meningkat. Perubahan system pembelajaran, tugas yang semakin kompleks serta munculnya ekspektasi tinggi dari dosen dan keluarga menjadi pemicu utama stress dan potensi burnout akademik mahasiswa baru. Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa baru dalam proses adaptasi sosial serta strategi coping yang dilakukan mahasiswa baru dalam menghadapi beban akademik. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth-interview), penelitian ini melibatkan beberapa partisipan dengan latar belakang pendidikan dan asal daerah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami system pembelajaran baru serta kesulitan saat berusaha menguasai fitur-fitur teknologi terbaru. Dalam menghadapi beban akademik yang mencekik, mahasiswa mengembangkan strategi coping berbasis emosi dan tindakan, seperti melepaskan emosi negative lewat tangisan, serta mencoba mencari dukungan sosial dari teman sebaya. Melakukan aktivitas menyenangkan juga menjadi alternative bagi mahasiswa baru untuk memulihkan semangat belajar. Hasil ini menegaskan pentingnya dukungan institusional dalam membentuk lingkungan akademik yang responsive terhadap kebutuhan adaptasi mahasiswa baru. Hal ini dapat membantu mahasiswa baru untuk mendorong penguatan self-efficacy serta manajemen stress sejak awal masa perkuliahan. KeywordsAdaptasi Sosial, Burnout Akademik, Efikasi Diri, Mekanisme Coping.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i5.2025.2003-2012 |
Article metrics10.31604/jips.v12i5.2025.2003-2012 Abstract views : 10 | PDF views : 5 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Arsanti, R., Lubis, F. Y., & Cahyadi, S. (2022). Peran Academic Self-Efficacy Terhadap Academic Adjustment Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Mbkm. Journal of Psychological Science and Profession, 6(3), 232. https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.38432
Chyu, E. P. Y., & Chen, J. K. (2022). Associations Between Academic Stress, Mental Distress, Academic Self-Disclosure to Parents and School Engagement in Hong Kong. Frontiers in Psychiatry, 13(July). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.911530
Fernandes, F., Ananda, Y., & Rahmili, F. T. (2023). Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 226. https://doi.org/10.33757/jik.v7i2.603
Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Rasi Terbit. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=6jPwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=mahasiswa+&ots=1n4x_jIldB&sig=xKFJ9u1N3kmZ_Hdsg2V2m-C_J3Q&redir_esc=y#v=onepage&q=mahasiswa&f=false
Hawari, D. (2013). Manajemen Stres Cemas dan Depresi (second edi). Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia.
LM Psikologi UGM. (2021). Tingkat Academic Burnout Mahasiswa Klaster Sosio-Humaniora UGM: Meningkatkan Kesadaran akan Urgensi Fenomena Academic Burnout. https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/12/laporan-hasil-riset-mandiri-tingkat-academic-burnout-mahasiswa-klaster-sosio-humaniora-ugm-meningkatkan-kesadaran-akan-urgensi-fenomena-academic-burnout/
Ogakwu, N. V., Ede, M. O., Agu, P. U., Manafa, I., Ezeaku, F., Onah, S. O., Okereke, G. K. O., Omeke, F. C., Agbigwe, I. B., & Oneli, J. O. (2023). School-based intervention for academic stress management and school adjustment among industrial technical education students: Implications for educational administrators. Medicine (United States), 102(2), E32547. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000032547
Pham Thi, T. D., & Duong, N. T. (2024). Investigating learning burnout and academic performance among management students: a longitudinal study in English courses. BMC Psychology, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01725-6
Putri, P. K., Risnawati, E., & Avati, P. (2022). Stress Akademik Mahasiswa Semester Awal Dan Mahasiswa Semester Akhir: Studi Komparatif Dalam Situasi Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(2). https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232
Rafnadila, P., Aiyub, A., & Halifah, E. (2022). Hubungan self efficacy terhadap kecemasan dan kemampuan beradaptasi mahasiswa tahun pertama. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 5(4), 58–65. https://jim.usk.ac.id/FKep/article/view/19992
Saaduddin; Nuzmi, S. (2018). SINERGITAS KOMPETENSI SOSIAL DOSEN TERHADAP PEMBENTUKAN SELF-DISCLOSURE MAHASISWA TINGKAT AWAL. Jurnal Edu Research, 30, 321.
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
Syelviani, M. (2020). PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BAGI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). Jurnal Analisis Manajemen, 8(75), 147–154. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/jam.v6i1.1028
Tomas, N., & Poroto, A. (2023). The interplay between self-regulation, learning flow, academic stress and learning engagement as predictors for academic performance in a blended learning environment: A cross-sectional survey. Heliyon, 9(11), e21321. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e21321
Utami, D. L., & Sawitri, D. R. (2016). Dukungan Dosen Dan Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 5(1), 14–18. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14939
Waterhouse, P., & Samra, R. (2025). University Students’ Coping Strategies to Manage Stress: A Scoping Review. Educational Review, 0(0), 1–41. https://doi.org/10.1080/00131911.2024.2438888
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download