
(2) Mirna Nur Alia Abdullah

(3) Muhammad Retsa Rizaldi Mujayapura

*corresponding author
AbstractHubungan yang sehat dengan pasangan memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk Kesehatan emosional. Ketika seseorang memiliki kestabilan Kesehatan emosional, mereka cenderung lebih mampu untuk berkomunikasi dengan baik, menjalani hari hari dengan baik dan membangun ikatan yang kuat. Begitupun sebaliknya, jika seseorang terkena gangguan emosional maka akan cenderung kurang baik dalam menjalani hari harinya dan akan berdampak buruk kedalam kehidupannya sehari hari dan juga kehidupan akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran Healthy Relationship dengan pasangan terhadap Kesehatan emosional dan kehidupan akademik seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode menyebarkan angket dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hubungan yang sehat (Healthy Relationship) dengan pasangan tidak hanya meningkatkan kualitas emosional tetapi juga mendukung kesuksesan akademik dengan cara meningkatkan fokus, motivasi dan semangat dalam belajar. Kesehatan emosional yang stabil akibat hubungan yang sehat memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran dan hasil akademis. Sebaliknya, hubungan yang penuh konflik dapat mengganggu proses belajar. Temuan ini memberikan wawasan bagi individu untuk menemukan dan menciptakan hubungan yang sehat untuk mendukung perkembangan akademik. KeywordsKesehatan Emosional, Pasangan, Akademik
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i5.2025.1940-1947 |
Article metrics10.31604/jips.v12i5.2025.1940-1947 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Afriansyah, A. B., Khususiyah, K., & Krisphianti, Y. D. (2018). Pengaruh Aktifitas Pacaran Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Pemuda Papar. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 29-32.
Fatoni, F., Musawira, M., Sa’diyah, J., & Nasir, N. (2024). PROGRAM EDUKASI PENGELOLAAN STRESS DAN EMOSI BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DAN PRESTASI AKADEMIK DI KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Pelayanan Masyarakat Intelektual, 1(1), 41-48.
Fitriyah, E. I., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kesehatan Mental, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN 4 Kota Surabaya. Jurnal Kependidikan, 12(2), 307-320.
Indah, W., Dari, R. W., Maulana, I., Agustina, S., & Putri, T. (2024). Pengaruh pacaran terhadap mood belajar siswa dan siswi di smkn 1 kuala kapuas. Panunjung Tarung, 1(1), 21-29.
Istiqomah, I. D., Shofia, A., & Ardiansyah, F. (2025). Pengaruh Literasi Kesehatan Mental dan Dukungan Sosial terhadap Perilaku Pencarian Bantuan Psikologis Profesional pada Gen Z di Kota Sorong. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 1012-1020.
Kamalah, A. D., & Nafiah, H. (2023). Gejala Mental Emosional dan Upaya dalam Meningkatkan Kesehatan Jiwa Remaja. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(2), 68-72.
Lestari, A. I. (2024). Pengaruh hubungan romantis terhadap kesehatan mental memahami dinamika pasangan. Circle Archive, 1(4).
Mahardhani, F. O., Ramadhani, A. N., Isnanti, R. M., Chasanah, T. N., & Praptomojati, A. (2020). Pelatihan strategi koping fokus emosi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 60-75.
Nandayarni, I., Khairunnisa, A. Z., Narima, P. U., Rahma, S. A., Azzahra, A. H., & Pratama, F. A. (2024). Penerapan Etika Komunikasi Interpersonal dalam Menghadapi Hubungan Toxic di Kalangan Gen Z. Jurnal Nomosleca, 10(2), 222-236.
Ningsih, S. M., Yushilliav, V. A., & Salzabillah, A. A. R. S. (2024). Pengaruh Hubungan Berpacaran Terhadap Prestasi Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan| E-ISSN: 3063-1467, 1(3), 85-90.
Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem pendeteksi dini kesehatan mental emosional anak usia 4-17 tahun menggunakan metode forward chaining. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83-93.
Salsabila, A. N. (2020). Hubungan Antara Kesepian Dan Stres Akademik Ditinjau Dari Tingkat Kepuasan Hubungan Romantis Pada Emerging Adulthood (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). 12
Sari, M. K., & Susmiatin, E. A. (2023). Deteksi dini kesehatan mental emosional pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, 13(1), 10-17.
Saskia, N. N., & Idris, F. P. (2023). Perilaku Toxic Relationship Terhadap Kesehatan Remaja Di Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 525-538.
Siahaan, I., & Melati, R. (2024). Kesehatan Mental Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 673-681.
Surya, D. J. (2016). Hubungan kestabilan emosi terhadap stres akademik pada remaja di SMAN 4 Jakarta (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2016).
Ulfah, U. (2023, July). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. In Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum (pp. 23-28).
Wardana, M. N., Rahmawati, P., & Ayunda, S. R. B. (2024). STRATEGI MODERN PENGELOLAAN KESEHATAN MENTAL GEN Z DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Kesehatan Masyarakat, 2(2), 57-75.
Wati, A. D. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Remaja. Masker Medika, 10(2), 741-746.
Wijaya, R. Y., Rafif, A., & Arifin, I. (2021). Pengaruh Pacaran terhadap Konsentrasi Mahasiswa dalam Perspektif Islam dan Ilmu Psikologi. Nathiqiyyah, 4(2), 97-103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.