DISKRIMINASI SOSIAL DALAM PENDIDIKAN PADA ANAK SEKOLAH DI PERKAMPUNGAN MARJINAL PURWOKERTO, JAWA TENGAH

(1) * Wafik Aril Fatika Mail (Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
(2) Mintarti Mintarti Mail (Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
(3) Fx Wardiyono Mail (Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Hak untuk mendapatkan pendidikan adalah hak dasar bagi setiap anak, tetapi sayangnya masih terdapat diskriminasi yang menghalangi anak-anak dari kelompok tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diskriminasi sosial yang dialami oleh anak-anak sekolah di sebuah perkampungan marjinal di Purwokerto, Jawa Tengah. Nama kampung tersebut disamarkan menjadi “Kampung Amanahâ€. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif berbasis data lapangan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.  Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini melibatkan 9 orang informan, yang terdiri atas dua siswi jenjang SMK, satu siswa jenjang SMP, tiga informan orang tua, dan tiga informan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan, anak sekolah di perkampungan marjinal tersebut mengalami diskriminasi sosial di sekolahnya secara terselubung. Mereka mengalami perundungan dan pengucilan, baik yang dilakukan oleh teman-teman mereka sendiri maupun guru. Diskriminasi tersebut menimbulkan dampak psikologi, sosial, dan akademik yang buruk. Temuan penelitian ini menunjukkan perlunya intervensi kebijakan dan program pendidikan inklusif yang menekankan kesetaraan, pemberdayaan, serta penghapusan stigma dan diskriminasi terhadap anak-anak dari kampung marjinal.

Keywords


Diskriminasi Sosial, Pendidikan, Perkampungan Marjinal.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i5.2025.1907-1918
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i5.2025.1907-1918 Abstract views : 2 | PDF views : 1

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amatullah, A. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol, 6(2), 16039. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4916

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan Aksesibilitas Pendidikan Multikultural Pendidikan dalam Perpsektif Pendidikan Multikultural. 13(1), 1–15.

Fahrul, A., & Ahmad, M. R. S. (2023). Diskriminasi Pendidikan (Studi Kasus pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 121. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.44538

Firdaus, F., Sulfasyah, S., & Nur, H. (2018). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(1), 33–43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796

Harefa, A. T., & Lase, B. P. (2024). Peran Pendidikan dalam Mengurangi Stigma dan Diskriminasi terhadap Siswa dari Kelompok Minoritas Sosial. Journal of Education Research, 5(4), 4288–4294. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1479

Karmila, K., Fauziah, N., Safira, E., Atdeni Sadikin, M. N., & Wardhana, K. E. (2021). Diskriminasi Pendidikan di Indonesia. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3), 191–203. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.128

Lessy, M. (2020). Diskriminasi Atas Hak Belajar Anak Difabel dan Marginal. Megie Lessy, 10(1), 12–21.

Maliki, Z. (2010). Sosiologi Pendidikan. Gadjah Mada University Press.

Maunah, B. (2015). Stratifikasi Sosial dan Perjuangan Kelas dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 19–38. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.19-38

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Sage Publication (Third). Sage Publication.

Nurfatmawati, N., Kamaruddin, S. A., & Ahmadin, A. (2020). Stigma dan Perilaku Bullyng di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sinjai Utara. Phinisi Integration Review, 3(2), 270. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14920

Pratiwi, D., Aprilita, D., Brilianti, F., Awalin, L. Q., & Lutfiati, S. (2024). Bentuk-bentuk Diskriminasi pada Siswa Kelas VI UPT SDN 2 Blitarejo. 3, 1–8.

Rahmawati, S., Yusuf, A., Zahra, S., & Sunan Ampel Surabaya Abstract, U. (2023). Peranan Teori Belajar Psikoanalisa Dalam Pembentukan Karakter Remaja. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 769–778. https://doi.org/https://zenodo.org/doi/10.5281/zenodo.8418234.

Setianto, A. Y., Chamidah, D., Siregar, I. K. R. T., Khalik, P. B. P. M. F., Herlina, E. S., & Purba, S. (2021). Sosiologi Pendidikan. In R. Watrianthos & J. Simarmata (Eds.), Yayasan Kita Menulis (Cetakan 1, Issue April). Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, E., & Apsari, N. C. (2019). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non Diskriminatif di Bidang Pendidikan Bagi Anak dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa, 5(3). https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1776

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). In Alfabeta. Alfabeta. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Suryani, Z., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Dalam Menghadapi Masalah Rasisme Dan Diskriminasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 192–200. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1448

UNESCO. (2020). Ending Discrimination in Education: A Key Instrument to Protect The Right to Education. UNESCO. https://www.unesco.org/en/articles/ending-discrimination-education-key-instrument-protect-right-education

Wijaya, P. A., Sukadi, P., Pd, M., Ed, M., Ketut, G., Sunu, A., & Pd, M. (2016). Diskriminasi dalam Perspektif Bhineka Tunggal Ika (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 9J SMP Negeri 3 Singaraja). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v4i3.23093


Refbacks

  • There are currently no refbacks.