
(2) Nasrun Harahap

*corresponding author
AbstractPerencanaan pembelajaran merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses pendidikan, yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji pengertian, fungsi, dan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Perencanaan pembelajaran didefinisikan sebagai proses yang melibatkan penyusunan strategi, metode, dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi perencanaan pembelajaran meliputi pengarahan proses belajar, pengelolaan waktu, peningkatan kualitas pembelajaran, serta memfasilitasi evaluasi dan refleksi. Selain itu, jurnal ini juga mengidentifikasi prinsip-prinsip utama dalam perencanaan pembelajaran, seperti keterlibatan siswa, relevansi materi, keberagaman pendekatan, fleksibilitas, dan evaluasi yang terintegrasi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang baik berkontribusi pada tercapainya tujuan pendidikan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih terstruktur dan relevan dengan kebutuhan siswa. KeywordsStrategi, Perencanaan pembelajaran, Fungsi, Prinsip, Pendidikan.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i6.2025.2193-2197 |
Article metrics10.31604/jips.v12i6.2025.2193-2197 Abstract views : 15 | PDF views : 7 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdul Majid. (2020). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Rosda
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.
Nadlir, N., Maghfiroh, L., & Chusniyatin, V. M. (2024). Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Mendukung Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7046–7052.
Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 160–174.
Rahmalia, S. M., & Sabila, N. D. (2024). Perencanaan pembelajaran: pengertian, fungsi dan tujuan. Karimah Tauhid, 3(5), 6014–6023.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.