ANALISIS LOKASI STRATEGIS PADA PERUSAHAAN EKSPEDISI

(1) * Aisyah Athira Ramadhanti Abdullah Mail (Universitas Trisakti, Indonesia)
(2) Rowlan Takaya Mail (Universitas Trisakti, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi strategis yang dapat mendukung keberhasilan operasional perusahaan ekspedisi. Perusahaan ekspedisi merupakan entitas bisnis yang menyediakan layanan pengiriman barang, baik untuk keperluan individu maupun perusahaan. Layanan pengiriman ini mencakup berbagai moda transportasi, termasuk jalur darat, laut, dan udara, yang dipilih berdasarkan jenis barang yang dikirim serta kebutuhan kecepatan pengiriman. Analisis dalam penelitian ini fokus pada faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan ekspedisi dalam menentukan lokasi yang strategis, guna memastikan efisiensi operasional, kemudahan akses, dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian diharapkan memberikan panduan bagi perusahaan dalam mengoptimalkan lokasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan daya saing di industri logistik. 

Keywords


Perusahaan Ekspedisi, lokasi strategis

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i2.2025.641-646
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i2.2025.641-646 Abstract views : 1

   

Cite

   

References


Farida, N., & Apriliyani, D. S. (2018). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Memilih Jasa Pengiriman Barang Pada PT..Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express) Gresik. Jurnal Fakultas Ekonomi.

Profil Perusahaan. JNE Express. [diakses 11 Desember 2024]; dari https://www.jne.co.id/profil-perusahaan

Anshar,A. (2018). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Lion Parcel. (n.d.). Alasan Penting Membuka Ekspedisi Terdekat dari Pusat Bisnis. [diakses 11 Desemeber 2024]; dari https://lionparcel.com/info-mitra/membuka-ekspedisi-terdekat-dari-pusat-bisnis

Lion Parcel. (n.d.). Cara Memilih Lokasi Strategis Untuk Agen Jasa Pengiriman Barang. [diakses 11 Desember 2024]; dari https://lionparcel.com/info-mitra/cara-memilih-lokasi-strategis-agen-jasa-pengiriman

koinWorks. (n.d.). Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Ekspedisi. [diakses 11 Desember 2024]; dari https://koinworks.com/strategi-bisnis/ekspedisi/faktor-penting-pemilihan-lokasi-untuk-perluas-bisnis-ekspedisi/

Partomo, S. 2024. Mengenal Metode Pembobotan Faktor (Factor Rating Method) untuk Menentukan Lokasi Pabrik. Ukirama. [diakses 11 Desember 2024]; dari https://ukirama.com/blogs/mengenal-metode-pembobotan-faktor-factor-rating-method-untuk-menentukan-lokasi-pabrik/

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. (n.d). Manajemen Operasional nan XIII: Strategi Lokasi.

Waewsix. (n.d.). Ekspedisi: Arti, Beda dengan Logistik, dan Urutan Pengiriman. [diakses pada 11 Desember 2024]; dari https://www.waresix.com/ekspedisi-adalah/#:~:text=Melansir%20enterpreneurcamp.id%2C%20definisi%20jasa,mengantarkan%20atau%20menjemput%20barang%20tersebut

Mu’adz, dkk. 2023. Strategi-Strategi Lokasi. Makalah. Dikutip dari https://id.scribd.com/document/687622881/MAKALAH-M-OPERASIONAL-KELPOMPOK-3-STRATEGI-LOKASI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.