FENOMENA IBU RUMAH TANGGA SEBAGAI PENGEMUDI OJEK ONLINE (OJOL) DI KECAMATAN MEDAN HELVETIA

(1) * Raja David Sihombing Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Waston Malau Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif utama ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pengemudi ojek online, mengetahui dampak positif dan dampak negative yang dialami oleh ibu rumah tangga dalam bekerja sebagai pengemudi ojek online di Kecamatan Medan Helvetia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pengemudi ojek online untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, adanya ibu rumah tangga yang memilih bekerja sebagai pengemudi ojek online karena mengikuti teman nya sehingga ibu rumah tangga memilih untuk bekerja sebagai pengemudi ojek online, hal tersebut yang memicu ibu rumah tangga yang memilih bekerja sebagai pengemudi ojek online hanya untuk mengisi waktu luang nya saja ketika ia sudah menyelesaikan tanggung jawab nya dirumah, selain itu ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online hanya sebagai sampingan nya saja karena ia sudah memiliki pekerjaan utama nya yaitu berjualan. Adapun dampak positif yang dirasakan oleh informan ketika bekerja sebagai pengemudi ojek online seperti bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga, serta penghasilan yang diperoleh ibu-ibu yang bekerja sebagai pengemudi ojek online dapat memenuhi kebutuhan sekunder. Dan juga dengan bekerja sebagai pengemudi ojek online dimana profesi ini banyak menghabiskan waktu diluar rumah sehingga dapat menambah relasi atau pertemanan di luar rumah. Selain itu ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pengemudi ojek online juga dapat meningkatkan kemampuan nya dalam berkendara serta kemampuan berbicara dengan orang yang baru dikenal.


Keywords


Pemenuhan Kebutuhan, Ojek Online, Perempuan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i1.2025.340-348
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i1.2025.340-348 Abstract views : 4

   

Cite

   

References


Ahmad. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Aulia, S. N. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8.

Dahlia. (2019). Peran Ganda Perempuan Jasa Transportasi GO-JEK Di Samarinda (Studi Kasus Sri Kandi GO-JEK Di Samarinda). Jurnal Sosiologi, 7.

Fadzilatus, A., Arofah, S., & Alam, Y. T. (2019). Eksistensi Driver Ojek Online wanita sebagai bentuk kesetaraan gender. Sosiologi Nusantara, 5.

Fanani, M. H., & Hidayah, N. (2018). Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Perempuan Sebagai Pengemudi Ojek Online Di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Hasanah, H. (2016). Teknik Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, 8.

Herudiati, S. E. (2023). Ibu Rumah Tangga yang Bekerja sebagai Ojek Online. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 2, 111-116.

Isaroh, S. N., & Pujianto, E. W. (2023). Peran Ojek Online Wanita Guna Menambah Perekonomian Keluarga. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2.

Moleong, L. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Muazaroh, S., & Subaidi. (2019). Kebutuhan Manusia Dalam Pemikiran Abraham Maslow. 7.

Sakina, A. I. (n.d.). Menyoroti Budaya Patriarki Di Indonesia. 7, 1-129.

Sembiring, A. D., & Hidir, A. (2023). Perempuan Single Parent Bekerja

Sebagai Driver Ojek Online di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.