
(2) Vani Dias Adiprabowo

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh penggunaan Fadil Jaidi sebagai Celebrity endorse pada iklan Head & Shoulders di Youtube terhadap keputusan membeli produk pada followers Instagram @fadiljaidi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan pendekatan survei, dimana kuesioner disebarkan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengaruh Celebrity endorse Fadil jaidi dalam iklan Youtube Head & Shoulders memiliki pengaruh positif terhadap variabel minat beli konsumen. Celebrity endorser berperan penting dalam membantu perusahaan dalam menjalin komunikasi dengan konsumen. Celebrity endorse juga berfungsi sebagai penghubung efektif dalam menyampaikan pesan pemasaran, dan dapat mempengaruhi presepsi khalayak terhadap produk atau layanan yang diiklankan. Semakin tinggi nilai pengaruh Celebrity endorser di Youtube Head & Shoulders, semakin tinggi pula efektivitas strategi komunikasi pemasaran produk , yang pada akhirnya meningkatkan minat beli konsumen. Minat beli didefinisikan sebagai munculnya perilaku konsumen sebagai respon terhadap suatu objek dengan menunjukan keinginan untuk membeli. Penelitian ini menggaris bawahi pentingnya peran Celebrity endorser dalam strategi pemasaran digital, khususnya dalam meningkatkan minat beli produk di kalangan konsumen.
KeywordsCelebrity Endorse; Minat Beli; Keputusan Pembelian; Iklan YouTube
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v11i10.2024.4190-4200 |
Article metrics10.31604/jips.v11i10.2024.4190-4200 Abstract views : 578 | PDF views : 72 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Anggraeni, N. H., & Adiprabowo, V. D. (2023). with Blackpink ’ s K-pop Fandom Etika Komunikasi dalam Interaksi antara Penggemar Sepak bola dengan Fandom K-pop Blackpink. 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21111/ejoc.v8i2.10046
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suata Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3), 8920–8928. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400
Arum Wahyuni Purbohastuti, A. A. H. (2021). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528
Chintys Nagata Kurniawan, A. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image dan Testimoni di Instagram terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Management & Accounting Expose, 14(2), 83. https://doi.org/10.21460/jrmb.2019.142.338
Dayanti Adelia Yoel, James D.D. Massie, M. V. J. T. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era New Normal Pandemi Covd-19 Pada Baskin-Robbins Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 136–144. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36171
Defianti, R., & Basri, A. I. (2021). Efektivitas Youtube Terhadap Minat Beli. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/equilibrium.v1i1.53
Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471
Fenny, F., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia, 5(1), 94. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8141
Firdaus, A. R., & Hartoyo, R. (2021). PENGARUH VIDEO IKLAN YOUTUBE “TOKOPEDIA x BLACKPINK WAKTUNYA INDONESIA BELANJA!†TERHADAP RESPONS KONSUMEN PADA KALANGAN GENERASI Z DI JAKARTA. Jurnal Signal, 9(2), 319. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6285
Haerunnisa, Abd. Majid, M. I. (2022). Pengaruh Celebrity Endorse Rachel Vennya Pada Akun Instagram Benee.Id Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita Di Kota Makassar. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(4), 44–53. https://doi.org/10.33096/respon.v2i4.55
Hamzah, A., & Adiprabowo, V. D. (2023). the Influence of “Shopee Cristiano Ronaldo 9.9 ‘ E-Commerce Advertising on Students’’’ Shopping Interest in Special Region of Yogyakarta.’†Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.62144/jikq.v6i1.211
Hartanto, Y. W., & Adiprabowo, V. D. (2023). Digital Creativity Nfts or Lies Under the Guise of Creativity in the Digital Age. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 6(3), 175–193. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v6i3.212
Helena, M., & Natalia, E. C. (2021). Pengaruh Efektivitas Iklan Youtube terhadap Brand Image. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 2(2), 123–140. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.3
Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Kaplan, A. M. (2015). Social Media, the Digital Revolution, and the Business of Media. JMM International Journal on Media Management, 17(4), 197–199. https://doi.org/10.1080/14241277.2015.1120014
Kotler, P., Pfoertsch, W., & Michi, I. (2006). B2B brand management (Vol. 357). Springer.
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764
Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 174–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p174-186
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, 8(4), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435
Ni Nyoman Merliani, M. M., & Arie, F. V. (2021). Analisis celebrity endorser dalam menarik minat beli konsumen pada pengguna media sosial instagram ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado ). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 412–418. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37977
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1246
Pratama, A. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354
Sari, N., & Apriliana, A. (2022). Analisis Efektivitas Iklan Smartren Versi Kura-Kura Punya Rumah Di Youtube Dengan Aisas Model. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 8(1), 1–10. https://doi.org/10.24967/jmb.v8i1.1606
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., & Veronika, D. (2020). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Indonesian Business Review, 2(2), 233–248. https://doi.org/10.21632/ibr.2.2.233-248
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Vidyanata, D. (2022). Stimulus-Organism-Response (S-O-R) Model Application in Examining the Influence of Social Media Marketing on Purchase Decisions in the Healthcare Industry: the Mediating Role of Brand Trust. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.03.14
Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 36–46. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538
Refbacks
- There are currently no refbacks.