
(2) Yoskar Kadarisman

*corresponding author
AbstractModal sosial juga tercermin dalam kepercayaan yang dibangun antara penjual dan pembeli. Penjual yang memiliki reputasi baik, terutama dalam hal kualitas barang dan kejujuran dalam mendeskripsikan kondisi barang, dapat membangun kepercayaan di antara konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan, jaringan dan norma-norma yang dibangun pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 5 orang pengusaha thrifting online di sekitaran Marpoyan Damai Pekanbaru. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Kepercayaan yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai merupakan elemen kunci dalam membangun hubungan yang solid dalam komunitas thrifting online yang dibangun melalui interaksi yang konsisten, transparansi dalam proses penjualan, dan pelayanan pelanggan yang responsif dan ramah. Jaringan yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai merupakan fondasi dari komunitas thrifting online. Para pelanggan dan pedagang membentuk jaringan yang saling terhubung melalui platform online seperti media sosial dan aplikasi e-commerce. Norma-norma yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai sosial juga memainkan peran penting dalam memperkuat jaringan komunitas thrifting online. KeywordsModal Sosial, Thrifting Online, Norma, Kepercayaan, Jaringan.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v11i9.2024.3745-3757 |
Article metrics10.31604/jips.v11i9.2024.3745-3757 Abstract views : 201 | PDF views : 88 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Bungin, Burhan. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Chen, Y., & Wu, X. (2020). Timeliness in Delivery and Consumer Perceptions of Brand Reliability. Journal of Business Logistics, 35(2), 78-91.
Ermayanti, E & Hidir, Achmad. (2023). Modal Sosial Pedagang Buah di Pasar Pagi Cik Puan Kota Pekanbaru. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 13–28. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.276
Fukuyama, F. (2010). Trust: Kebijakan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. (Terjemahan Ruslani & D. Nurdin (eds.); Kedua). Yogyakarta: Qalam.
Gesha, G. (2022). Why Do We Thrifting. London: Cambrige Press.
Gulfira, N. (2016). The Art of Thrifting. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Hadi, S., & Kusuma, A. (2023). Enhancing Trust and Collaboration in Online Thrifting Communities: The Role of Social Media Platforms. Journal of Consumer Behavior Studies, 15(2), 45-58.
Johnson, M., Smith, K., & Brown, L. (2019). Building Trust in Logistics: The Role of Dependability and Communication. Journal of Supply Chain Management, 25(3), 112-126.
Ladea Nazella, & Achmad Hidir. (2023). Modal Sosial Pedagang Durian Di Kota Pekanbaru. SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01), 8–13. https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.51
Lestari, M. (2012). Modal Sosial Pedagang Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional. JKAP: Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik, 17(2), 4–19. https://doi.org/10.22146/JKAP.6851
Pramatya, I. (2013). “Modal Sosial Pedagang Kaki Lima di Jalan Gambir Tanjungpinang (Studi Pkl Sayur-Sayuran).†Skripsi. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Pratikno. (2018). Merajut Modal Sosial untuk Persamaan dan Integrasi Sosial. Yogyakarta: FISIPOL UGM.
Putra, S. S., Sariani, L. & Utami, D. (2017). Presepsi Mahasiswa Terhadap E-commerce melalui Facebook di Kecamatan Sumbersari. e-Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akutansi, Vol. 4, No. 1, Hal. 72-78.
Putra, A. (2020). Honesty and Consumer Trust in Traditional Markets in Indonesia. Asian Business Review, 10(1), 34-45.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Wisnuwardhani, L., Suyadi, I., & Sunarti. (2015). Upaya Peningkatan Penjualan Baju Bekas Melalui Media Facebook (Studi Pada Viee Second Kalla). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 1–8. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.