
(2) Indah Chairunnisa

(3) * Yokhebed Kenanya Steffa

(4) Cynthia Sari Dewi

*corresponding author
AbstractPerbankan syariah mengalami peningkatan profit akan tetapi dihadapkan oleh rendahnya pemahaman syariah pada masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude toward islamic, subjective norm, profit loss sharing, perceived financial risk, knowledge of riba, dan relationship marketing terhadap perilaku adopsi perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner secara online kepada mahasiswa universitas islam dengan minimal 100 responden. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut dan perilaku mengadopsi perbankan syariah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiple linear regression dengan bantuan software SPSS v25 untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Analisa data dengan melakukan uji deskriptif pernyataan, uji normalitas data, uji instrumen kualitas data, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perbankan syariah dalam memahami preferensi, keputusan konsumen, dan kebutuhan pelanggan potensial.
KeywordsPerbankan Syariah, Sikap terhadap Islam, Norma Subyektif, Bagi Hasil, Persepsi Risiko Keuangan, Pengetahuan tentang Riba, dan Hubungan Pemasaran.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v11i7.2024.2693-2702 |
Article metrics10.31604/jips.v11i7.2024.2693-2702 Abstract views : 168 | PDF views : 98 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Aji, Hendy Mustiko, Izra Berakon, dan Alex Fahrur Riza. 2020. Pengaruh Norma Subjektif dan Pengetahuan Tentang Riba Terhadap Niat untuk Menggunakan E-Money di Indonesia.Jurnal Pemasaran Islam12: 1180–96.
Ajzen, Icek. 1991. Teori Perilaku Terencana.Perilaku Organisasi dan Proses Keputusan Manusia50: 179–211.
Ajzen, Icek. 2012. Warisan Martin Fishbein: Pendekatan Tindakan yang Beralasan.Sejarah Akademi Politik dan Sosial Amerika Sains640: 11–27.
Cooke, Robert A., dan Denise M. Rousseau. 1988. Norma dan Harapan Perilaku: Pendekatan Kuantitatif terhadap Penilaian Budaya organisasi.Manajemen Grup & Organisasi13: 245–73.
De Madariaga, J. Garcia, dan Carmen Valor. 2007. Sistem Manajemen Pemangku Kepentingan: Wawasan Empiris dari Relationship Marketing dan Perspektif Orientasi Pasar.Jurnal Etika Bisnis71: 425–39.
Henrich, Joseph. 2015. Budaya dan Perilaku Sosial.Opini Terkini dalam Ilmu Perilaku3: 84–89.
Hoque, Mohammad Enamul, M. Kabir Hassan, Nik Mohd Hazrul Nik Hashim, dan Tarek Zaher. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keislaman Niat Perilaku Perbankan: Pengaruh Moderasi dari Praktik Pemasaran Nasabah dan Pertimbangan Keuangan.Jurnal Pemasaran Jasa Keuangan24: 44–58.
Hoque, Mohammad Enamul, Nik Mohd Hazrul Nik Hashim, dan Mohammed Abdur Razzaque. 2018b. Pengaruh Komunikasi dan Kekhawatiran Keuangan pada Hubungan Sikap-Perilaku Perbankan.Jurnal Industri Jasa38: 1017–42.
Leverin, Andreas, dan Veronica Liljander. 2006. Apakah Pemasaran Hubungan Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Hubungan Pelanggan? Jurnal Internasional Pemasaran Bank24: 232–51.
Mailin, M., Rambe, G., Ar-Ridho, A., & Candra, C. (2022). Teori media/teori difusi inovasi. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(2), 168-168.
Malaquias, Rodrigo F., dan Yujong Hwang. 2016. Kajian Empiris Kepercayaan Terhadap Mobile Banking: Perspektif Negara Berkembang. Komputer dalam Perilaku Manusia54: 453–61.
Oh, Keunyoung, dan Liza Abraham. 2016. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Konteks Pakaian Katun Organik. Jurnal Internasional Studi Konsumen40: 66–74.
Oktavia, E. (2018). Analisis Persepsi, Pengetahuan Dan Sikap Nasabah Terhadap Keberadaan Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu, Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Philip Kotler. Manajemen Pemasaran Edisi12. Indonesia: PT Macanan Jaya,2009.
Ramayah, T., Kamel Rouibah, M. Gopi, dan Gary John Rangel. 2009. Teori Terurai tentang Tindakan Beralasan untuk Menjelaskan Niat Gunakan Perdagangan Saham Internet di kalangan Investor Malaysia.Komputer dalam Perilaku Manusia25: 1222–30.
Sarlito Sarwono. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sayani, Hameedah, dan Hela Miniaoui. 2013. Penentu Pemilihan Bank di Uni Emirat Arab.Jurnal Internasional Bank Pemasaran31: 206–28.
Septia, D. (2023). Implikasi TRA (Theory Of Reasoned Action) dan TAM (Technology Acceptance Model) pada Pengguna Layanan Perbankan Online. JPNM Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin, 1(3).
Shome, Anamitra, Fauzia Jabeen, dan Rajesh Rajaguru. 2018. Apa yang Mendorong Pilihan Konsumen terhadap Layanan Perbankan Islam di Amerika Uni Emirat Arab?Jurnal Internasional Keuangan dan Manajemen Islam dan Timur Tengah11: 79–95.
Srivastava, Kavita, dan Narendra K. Sharma. 2011. Mengeksplorasi Peran Multidimensi Keterlibatan dan Risiko yang Dirasakan dalam Merek Perpanjangan.Jurnal Internasional Perdagangan dan Manajemen21: 410–27.
Thambiah, Seethaletchumy, Hishamuddin Ismail, dan Chinnasamy A. Malarvizhi. 2011. Adopsi Perbankan Ritel Islam: A Kerangka konseptual. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan Australia5: 649–57.
Walsh, Susan, Audrey Gilmore, dan David Carson. 2004. Mengelola dan Melaksanakan Transaksi dan Hubungan Secara Bersamaan Pemasaran.Jurnal Internasional Pemasaran Bank22: 468–83.
Zulaihati, Sri, Santi Susanti, dan Umi Widyastuti. 2020. Literasi Keuangan Guru: Apakah Berdampak pada Perilaku Keuangan? Surat Ilmu Manajemen10: 653–58.
Mbawuni, Joseph, and Simon Gyasi Nimako. 2018. Muslim and Non-Muslim Consumers’ Perception towards Introduction of Islamic Banking in Ghana. Journal of Islamic Accounting and Business Research 9: 353–77.
OJK. 2021. Sharia Banking Statistics. Otoritas Jasa Keuangan. Indonesia. Available online: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/ data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/default.aspx
Refbacks
- There are currently no refbacks.