AKSI PENGURANGAN RISIKO BENCANA DENGAN PENERAPAN PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DI SEKOLAH

(1) * Dwi Wulandari Mail (Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Indonesia)
(2) Ernalem Bangun Mail (Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Indonesia)
(3) Panji Suwarno Mail (Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Indonesia)
(4) Pujo Widodo Mail (Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Indonesia)
(5) Wilopo Wilopo Mail (Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami kerugian dan dampak buruk dari bencana, terutama ketika bencana terjadi selama jam sekolah. Korban terbesar adalah siswa, yang merupakan aset masa depan negara. Selain itu, bencana dapat menyebabkan kerusakan pada proses pembelajaran, fasilitas sekolah, dan dokumen sekolah. Oleh sebab itu, setiap sekolah di Indonesia harus memberikan pendidikan tentang pengurangan risiko bencana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berarti mendeskripsikan dan menguraikan langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi risiko bencana di sekolah melalui penerapan program satuan pendidikan aman bencana. Langkah untuk mendeskripsikan dan menguraikan data dengan mengambil pendapat beberapa ahli. Dari penelitian ini dapat disimpulkan penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menjadi sangat penting untuk dilakukan di sekolah karena mampu meningkatkan pemahaman warga sekolah tentang hal-hal yang terkait dengan bencana. Berbagai jenis kegiatan yang berkaiitan dengan SPAB perlu dilakukan untuk meningkatkan literasi dan mengurangi dampak bencana bagi anak usia sekolah.

Keywords


Pengurangan Risiko Bencana, Satuan Pendidikan Aman Bencana, Siswa

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v11i6.2024.2430-2433
      

Article metrics

10.31604/jips.v11i6.2024.2430-2433 Abstract views : 661 | PDF views : 421

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anisah, N., & Sumarni, S. (2019). Model sekolah aman bencana dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9-20.

https://spab.kemdikbud.go.id/

https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/09/Buku-Pendidikan-Tangguh-Bencana-2017.pdf

https://www.bnpb.go.id/storage/app/media/uploads/24/siaga-bencana/buku-pembelajaran-spab-indo.pdf

https://www.suarakendari.com/read/mengenal-program-satuan-pendidikan-aman-bencana-spab-bpbd-kota-kendari

Muzenda-Mudavanhu, C. (2016). A review of children’s participation in disaster risk reduction. Jà mbá : Journal of Disaster Risk Studies, 8(1), 1–6.

Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya pengurangan risiko bencana pada kelompok rentan. Jurnal Dialog dan Penanggulangan Bencana, 10(1), 30-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.