
(2) Muchid Muchid

(3) Auradian Marta

*corresponding author
AbstractPenelitian ini berangkat dari permasalahan tata kelola jasa layanan parkir di Kota Pekanbaru yang belum terlaksana dengan baik. Naiknya tarif parkir mengakibatkan semakin meningkatnya juru parkir di berbagai titik di Kota Pekanbaru. Kemudian kenaikan ini juga mendapat penolakan dari masyarakat sebagai pengguna jasa layanan parkir. Kenaikan tarif ini juga tidak dibarengi dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan. Selain pelayanan dan kebocoran karcis, tidak lengkapnya atribut yang dipakai juru parkir juga menjadi masalah. Dengan semakin kompleksnya permasalahan parkir di atas, maka sangat diperlukan sinergitas atau kerja sama antara 3 domain penting yaitu antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan, sektor swasta sebagai penggerak ekonomi dan yang paling penting adalah masyarakat sebagai subjek dan obyek dari pemerintah dan swasta. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Governance menurut Sedarmayanti dengan prinsip-prinsip dasar yaitu:Â Demokratis, Adil, Rule of Law, Partisipatif, Kemitraan. Lokasi penelitian adalah di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan data visual. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tata kelola pemerintahan dalam kebijakan jasa layanan parkir Kota Pekanbaru belum berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari belum terpenuhinya kelima prinsip yang harus ada dalam governance, yaitu demokratis, adil, rule of law, partisipatif, kemitraan. Serta adanya faktor pengahambat yang mempengaruhi tata kelola jasa layanan parkir di Kota Pekanbaru, seperti faktor kualitas sumber daya manusia, minimnya partisipatif masyarakat serta kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan UPT Perparkiran, serta faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai. KeywordsTata Kelola, Parkir, Pemerintah, Sektor Swasta, Masyarakat.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v11i6.2024.2434-2441 |
Article metrics10.31604/jips.v11i6.2024.2434-2441 Abstract views : 726 | PDF views : 202 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran. Pranadamedia Group.
Dahl, R. . (1999). On Democrazy, New Heaven. Yale University Press.
David, O., & Ted, G. (1992). Reinventing government: How the entrepreneurial spirit is transforming the public sector. Prentice Hall of India.
Djunaidi, G., & Almanshur, F. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Dunn, W. N. (2017). Pengantar analisis kebijakan publik.
Dwiyanto, A. (2008). Mewujudkan Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.
Mayarni, Syahza, A., Siregar, S., Khoiri, M., Nasution, M., Sulistyani, A., & Hariyani, E. (2023). Tata Kelola Kawasan Mangrove Terintegrasi Dalam Perspektif Governance di Indonesia.
Oktami, H. (2015). Pelaksanaan Pelayanan Publik Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru (Studi Kasus pengelolaan Parkir di Kecamatan Sukajadi). JOM FISIP, 53(9), 1689–1699. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12
Prasetyo, T. (2010). Rule Of Law Dalam Dimensi Negara Hukum Indonesia.
Sedarmayanti. (2004). Good Governance (Kepemerintahan yang baik) BAGIAN KEDUA Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang Baik). Mandar Maju.
Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik) (3rd ed.). PT. Refika Aditama.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi Dan Tesis: suaka media. Diandra Kreatif.
Syahputra, I. (2013). Rezim Media: Pergulatan Demokrasi, Jurnalisme, dan Infotainment. Gramedia Pustaka Utama.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan pemodelan transportasi. Penerbit Itb.
Iniriau.com. (2022). Pelayanan Parkir di Pekanbaru Buruk dan Rawan Kebocoran, Warga Tak Diberi Karcis, Jukir Kasar. https://www.iniriau.com/berita/34698-pelayanan-parkir-di-pekanbaru-buruk-dan-rawan-kebocoran-warga-tak-diberi-karcis-jukir-kasar.html#.Yzr3KIhKkJ8.link
Pekanbaru.go.id. (2022a). Jukir Tak Pakai Atribut dan Karcis, Dishub Minta Jangan Bayar. https://www.pekanbaru.go.id/p/news/jukir-tak-pakai-atribut-dan-karcis-dishub-minta-jangan-bayar
Pekanbaru.go.id. (2022b). Pasca Kenaikan Tarif Parkir Tepi Jalan Umum, Dishub Tinjau Situasi Lapangan. https://www.pekanbaru.go.id/p/news/pasca-kenaikan-tarif-parkir-tepi-jalan-umum-dishub-tinjau-situasi-lapangan#
Riau1.com. (2021). Menang Sayembara, PT YSM Kelola Parkir di Pekanbaru Awal Bulan Depan. https://www.riau1.com/berita/pekanbaru/1628700782-menang-sayembara-pt-ysm-kelola-parkir-di-pekanbaru-awal-bulan-depan
RiauPos.co. (2023). Pertanyakan Parkir Dikelola Pihak Ketiga. https://riaupos.jawapos.com/pekanbaru/21/01/2021/244957/pertanyakan-parkir-dikelola-pihak-ketiga.html
TanjakNews. (2021). Tarif Parkir Pinggir Jalan Pekanbaru Tetap. https://www.tanjaknews.com/2021/09/dikelola-swasta-tarif-parkir-pinggir.html
TribunPekanbarutravel.com. (2022). Masih Banyak Keluhan dari Pengguna Jasa Layanan Parkir Pasca Kenaikan Tarif Parkir. https://tribunpekanbarutravel.tribunnews.com/2022/10/16/masih-banyak-keluhan-dari- pengguna-jasa-layanan-parkir-pasca-kenaikan-tarif-parkir
Refbacks
- There are currently no refbacks.