(2) Mulyanto Mulyanto
(3) Didi Tahyudin
*corresponding author
AbstractAdapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran ustadzah dalam melakukan proses bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini menghafal Al-Quran di griya Qur’an Al-Madani Palembang ? Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif, selanjutnya untuk strategi penelitian ini menggunakan CSR (Case Study Research) dan fokus penelitian ini adalah untuk melihat peran ustadzah dalam menjalankan fungsinya sebagai pembimbing, fasilitator, manager, dan evaluator. Adapun jenis data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive, dimana dalam hal ini peneliti terlebih dahulu melakukan pertimbangan sebelum memilih informan, didasarkan pada kriteria terpilih yang relevan dengan masalah penelitian. Pada penelitian ini informan yang dipilih oleh peneliti meliputi : Para Pendidk ( Ustadz/ Ustadzah) pihak Lembaga Griya Qur’an Al-Madani (Ketua Yayasan, Staf Kepala Pendidikan, dan Staf Administrasi) dan orang tua wali murid. Selanjutnya peneliti dalam hal ini menggunakan teknik triangulasi, guna memeriksa keabsahan data yang diperoleh. KeywordsPeran Ustadzah, Bimbingan, Menghafal Qur’an.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.246-260 |
Article metrics10.31604/jips.v7i2.2020.246-260 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Abdul syani. (2012). Sosiologi : Skematika, Teori dan Terapan . Jakarta: PT. Bumi Aksara
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, H Abu. (2016). Sosiologi Pendidikan cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahsin, W. Al-Hafizh. (2000). Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Attas, Syed Mohammad Naquib. Konsep Pendidikan Islam, Terj. Haidar Baqir. Bandung : Mizan 1994.
Aziz, A. & Hamka. (2012). Karakteristik Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al-Mawardi Prima.
Badwilan,A. Salim. (2010) Cara Mudah Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Bening.
Bungin, B. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cresweell, JW. (2016) Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djalali.(2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dwi Yulianti. (2010) Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : PT. Indeks.
Fadillah, Muhammad (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Fenti, Hikmawati. (2010). Bimbingan Konseling. Rajawali Pers
Hamadi, Hamid (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan . Bandung : Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar, (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Bumi Aksara.
Hendy, Hermawan. (2010). Teori Belajar dan Motivasi. Bandung: Cipta Praya
Jalaluddin. (1989). Metode Tunjuk Silang Belajar Al-Qur’an. Jakarta: kalam Mulia,
Khoiriyah, (2012). Sosiologi Pendidikan Islam, (Yogyakarta. Teras .2012)
Majid, Abdul. (2005), Perencanaan Pembelajaran :
Mengembangkan Standar Kompetisi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Mudasir, (2011), Manajemen Kelas, Pekanbaru Riau: Zanafa Publising
Munardiji, H. Drs., M.Ag. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bina Ilmu
Nuryanis. (2003). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Deaptermen Agama RI.
Qori, M.T. (2008) . Cara Muda Menghafal Al-Qur’an (Terjemahan). Jakarta: Gema Insani Press.
Rauf, Abdul Aziz Abdul. (2004), Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Dai’yah. Bandung: Syaamil Cipta Media.
Rauf, Abdul Aziz Abdul. (2006) Tarbiyah Syakhiyah Qur’aniyah. Jakarta: Markaz Qur’an
Sa’dulloh, 2012. Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Depok: Gema Insani.
Solehun dan Tuwah, Muhammad. (2012). Pendidikan Karakter: Antara Harapan dan Kenyataan. Jakarta: Yayasan Literasi Sumsel
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download