STRATEGI SOSIALISASI FASILITATOR PUSPAGA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN KEKERASAN(BULLYING) PADA ANAK DI KECAMATAN SUKOMANUNGGAL

(1) * Rabbiul Zikra Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Binti Azizatun Nafi'ah Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Fenomena kekerasan pada anak adalah suatu hal yang menjadi perhatian bersama saat ini oleh pemerintah, Masyarakat, dan elemen elemen Masyarakat lainnya. Di Indonesia dengan negara yang memiliki culture sosial yang baik masih saja sering terjadi bullying. Ini merupakan salah satu fenomena yang harus ditangani secara bersama-sama dan menjadi tugas dari berbagai pihak. Fenomena bullying paling sering terjadi di sekolah yang merupakan kawasan tertib. Maka dari itu harus dilaksanakan sosialisasi untuk mengatasi permasalahan kekerasan (bullying) pada anak. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3APPKB) bersama Fasilitator Puspaga ikut berperan aktif dalam menangani bullying dengan program Puspaga Goes to School Di dalam penelitian ini akan mengambil locus di Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Terdapat 6 sekolah dasar yang menjadi target sosialisasi secara tatap muka pada program ini. Adapun yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah strategi sosialisasi Fasilitator Puspaga Dalam mengatasi Permasalahan bullying dan akan membahas mengenai komunikator, komunikan, saluran dan media komunikasi melalui komunikasi tatap muka dan bermedia, frekuensi, waktu dan tempat, serta hambatan yang dihadapi saat pelaksanaan berupa gangguan (gangguan mekanik dan semantik), dan prasangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi Fasilitator Puspaga dalam mengatasi kekerasan(bullying) pada anak di Kecamatan Sukomanunggal.


Keywords


Bullying, Komunikasi, Sosialisasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v11i2.2024.735-743
      

Article metrics

10.31604/jips.v11i2.2024.735-743 Abstract views : 559 | PDF views : 387

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fadhiilah, atul, & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Konseling Gratis Melalui Aplikasi SIAPPAK : Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Mental Masyarakat. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 437–442. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.247

Hariguna, T., Berlilana, & Waluyo, R. (2023). Sosialisasi Etika Penggunaan Media Sosial untuk Mencegah Bullying pada Siswa MTs Ushriyyah Purbalingga. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 107–113. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.865

Manon Andini, T., Sulistyowati, T., Alifatin, A., Pulung Sudibyo, R., Suharso, W., Savitri Hidayati, D., Kurniawati, D., Hayatin, N., Retna Rahadjeng, E., & Worowirastri Ekowati, D. (2019). Identifikasi Kejadian Kekerasan pada Anak di Kota Malang Identification of Violence in Children in Malang City. Jurnal Perempuan Dan Anak (JPA), 2(1).

Normina. (2014). Sosialisasi dan Masyarakat. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12.

Prsetyo, A. B. E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. El-Tarbawi, 4, 19–26.

Putri, I. D. A. H. (2013). DIFUSI INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK INDONESIA. Jurnal Comunication, 4(2), 54–71.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Rahayu, B. A., Sapphira, T. A., & Casiavera, C. (2023). The Role of PUSPAGA in Preventing Bullying in Children. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(11), 2855–2866. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i11.6533

Sartika, A. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) DALAM MELAKUKAN SOSIALISASI HIV/AIDS DI KOTA SAMARINDA. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 17–30.

Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Sunaengsih, C., Dety, K. A., & Maulana. (2015). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–15.

Suri, D. (2019). PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PERWUJUDAN PEMBANGUNAN NASIONAL. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187.

UU no.23 Tahun 2002. (2002). Undang Undang Perlindungan Anak. Sekretariat Negara.

Yanti, E., Program, R., Komunikasi, S., Islam, P., Dakwah, F., & Komunikasi, D. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi Theory of Setting Agenda in Communication Science. SIMBOLIKA, 4(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.