
(2) Sumardjijati Sumardjijati

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Dua Lima Garage melalui media sosial Instagram. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data berupa wawancara mandalam, studi literature, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini menggunakan model 7C Framework yang merupakan kerangka kerja untuk merancang perusahaan berinteraksi dengan pelanggannya dalam sistem komunikasi pemasaran online yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dua Lima Garage telah memenuhi 7 elemen dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram, meskipun pada elemen commerce belum terbentuk secara sempurna. Kemudahan fitur-fitur yang terdapat pada media sosial Instagram dapat menunjang strategi yang telah ditentukan Dua Lima Garage sehingga penyebaran informasi produk mobil bekas dilakukan dengan tepat dan menjangkau pengguna yang lebih luas. KeywordsKomunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Otomotif, Mobil Bekas
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v11i1.2024.407-417 |
Article metrics10.31604/jips.v11i1.2024.407-417 Abstract views : 807 | PDF views : 738 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagran Dalam Meningkatkan Kepercayaam Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Arafah, P. (2017). Analisis Customer Interface Pada Situs Web Lemonilo. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 182–192. https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/5740%0Ahttps://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/5740/3938
Aurora, C., & Putri, T. (2023). Perancangan Feed Instagram Portofolio Brand Ratulangi Sebagai Media Promosi Kawakibi Digital Branding. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v1i2.1044
Choirunnisa, N. A., & Walyoto, S. (2023). Pengaruh Konten Post Dan Testimoni Di Sosial Media Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Industri Otomotif. Journal of Economics and Business Review, 2(1), 1–13. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/juebir
Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–5.
Flynn, H. (2023). Peran Media Sosial dalam Strategi Membangun Tautan. Ranktracker, 16 Agustus. https://www.ranktracker.com/id/blog/the-role-of-social-media-in-link-building-strategies/
Frost, R., Fox, A. K., & Strauss, J. (2018). E-Marketing. In Economics, Finance, Business & Industry (8th ed.). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781315189017
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., & Fardani, R. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Hughes, J. (2022). 5 Powerful Practices for Effective Social Media Linking. Social Media Linking, 18 Juli. https://prettylinks.com/blog/social-media-linking-best-practices/
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts Instagram Utilization Strategy As A Digital Marketing Communication Media By Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1).
Nisrina, Y. E., Putra, W. H. N., & Hanggara, B. T. (2019). Pengembangan E - Commerce Dengan Pemanfaatan Sistem Payment Gateway (Studi Kasus: Wisata Kampung Sapi Adventure). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 9419–9425. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6442
Nur, A., & Tutiasri, R. P. (2022). Pemanfaatan Instagram @dapurbalikpapan Sebagai Media Promosi Kuliner Kota Balikpapan. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 8(2), 871–884.
Permana, I. P. H., & Pratiwi, N. K. A. N. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Bisnis Kuliner pada Komunitas Online @deliciousbali. JUSTBEST: Journal of Sustainable Business and Management, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.52432/justbest.1.1.2021.12-18
Pertiwi, F. G., & Nivak, C. L. H. (2021). Strategi Pemasaran dan Promosi Secara Online Melalui Instagram di Cimory On The Valley. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 282. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p05
Pertiwi, S. N., Pardian, P., Trimo, L., & Sadeli, A. H. (2021). Efektivitas Iklan Pada Media Sosial Instagram Kojama Shop Dengan Pendekatan AIDA Model. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 299. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4527
Priantoro, B. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Whatsapp (Studi Kasus Garuda Indonesia Solo). Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5783
Sholikhah, L. M. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Media Sosial Lini Bisnis Ternak Mart Pada Startup Ternaknesia di Masa Pandemi Covid-19. Commercium, 4(2), 132–145. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41803
Sondakh, R. A., Erawan, E., & Wibowo, S. E. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Akun @Geprekexpress Dalam Mempromosikan Restoran Geprek Express. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(1), 279–292. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3812
Valdiani, D., & Puspanidra, T. (2020). Pola Komunikasi Dalam Pemasaran Brand Herways_Id. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 26(2), 475–482. https://doi.org/10.33751/wahana.v26i2.2770
Refbacks
- There are currently no refbacks.