DETERMINASI DAYA TARIK, PHYSICAL EVIDENCE, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA OBJEK WISATA HUTAN LINDUNG KOTA LANGSA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

(1) * Agustin Nurhayati Mail (Universitas Islam Kebangsaan, Bireuen, Indonesia)
(2) Khairul Fata Mail (Universitas Islam Kebangsaan, Bireuen, Indonesia)
(3) Yusrawina Yusrawina Mail (Universitas Islam Kebangsaan, Bireuen, Indonesia)
(4) Muhammad Ferdiananda Chadafi Mail (Universitas Islam Kebangsaan, Bireuen, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik, bukti fisik, dan viral marketing terhadap niat mengunjungi kembali objek wisata hutan lindung di kota Langsa, dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh individu yang sebelumnya pernah mengunjungi objek wisata hutan lindung kota Langsa. Ukuran sampel dapat berkisar antara 5 hingga 10 kali jumlah indikator dalam model, dan untuk penelitian ini diambil ukuran sampel 10 kali jumlah indikator (17x7), sehingga diperoleh 119 sampel. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software WarpPLS 9.0. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel daya tarik dan bukti fisik mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Selanjutnya daya tarik, bukti fisik, dan kepuasan pengunjung berpengaruh terhadap niat berkunjung kembali ke objek wisata hutan lindung kota Langsa. Namun variabel viral marketing tidak mempengaruhi kepuasan pengunjung atau niat berkunjung kembali. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa kepuasan pengunjung memediasi hubungan daya tarik dan bukti fisik terhadap niat berkunjung kembali. Selain itu, variabel kepuasan tidak memediasi hubungan antara viral marketing dan niat berkunjung kembali


Keywords


Daya Tarik, Bukti Fisik, Viral Marketing, Kepuasan, Niat Berkunjung Kembali

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i10.2023.4906-4920
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i10.2023.4906-4920 Abstract views : 1973 | PDF views : 673

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Azwar Tryadi dan Muhajirin. (2021). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Surf Café Kota Bima). JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(7), 291–298. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss7pp291-298

BPS. (2023). Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara. Badan Pusat Statistik.

Darojat, I. (2020). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal, 5(1), 282.

Ernawati, S. (2020). Viral Marketing dan Motivasi Wisatawan dalam Meningkatkan Minat Berkunjung pada Destinasi Wisata di Kabupaten Bima. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 195. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.635

Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi Keti). AGF Books, Fakutas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Hair et al., J. F. (2010). Multivariate data analysis. In Pearson custom library. https://doi.org/10.1038/259433b0

Hermawan, I. G. Y., & Suarjana, I. W. S. (2019). Analisis Efektivitas Viral Marketing Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 188–199.

Ismail, F. F., & Iriani, S. S. (2021). Pengaruh Event Pariwisata dan Physical Evidence terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1360–1368. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1360-1368

Junaida, E. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Wisata Berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 146–155. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i2.1317

Khotimah, K., & Astuti, P. B. (2022). Pengaruh Aksesibilitas dan Physical Evidence Terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 547–566. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i4.148

Novitaningtyas, I., Giovanni, A., & Lionora, C. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Di Kawasan Balkondes Borobudur. Jurnal Pariwisata, 9(1), 28–36. https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048

Nur, M. S. M., Indah, D. M., & Nur, K. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi.

Santoso, S. (2011). Structural Equation Modeling (SEM) Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Buku - Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R & D (p. 407).

Utomo, B. S. (2023). Hutan Kota Langsa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot. Tempatwisata.Pro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.