
(2) Naafi Apryanda

(3) Diana Amalia

*corresponding author
AbstractKetika isu tidak berhasil diolah dengan efektif, isu yang berterbangan akan berkembang menjadi sesuatu yang krisis. Untuk mengelola isu tersebut dibutuhkan suatu kemampuan yaitu manajemen isu. Manajemen isu merupakan proses proaktif dalam mengelola isu isu, tren atau peristiwa potensial, eksternal dan internal, yang memiliki dampak baik negatif maupun positif terhadap perusahaan dan menjadikan isu sebagai peluang meningkatkan reputasi perusahaan. Pada era persaingan saat ini, publik merupakan aset yang sangat berharga dalam menjalankan perusahaan. Kepercayaan publik kepada perusahaan merupakan hal yang harus dijaga agar publik tetap menjadi konsumen perusahaan. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana cara perusahaan menghadapi isu yang ada untuk mempertahankan citra mereka. Seperti yang sedang terjadi baru baru ini yaitu kebakaran kawasan gunung bromo. Pihak pengurus wisata gunung bromo harus dituntut bisa menghadapi isu yang beredar luas tentang penyebab kebakaran tersebut terjadi. Penelitian deskripsi kualitatif ini menggunakan metode analisis isi dan bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) melalui akun instagramnya memanejemen isu kebakaran tersebut. Hasil penelitian mengatakan bahwa akun instagram @bbtnbromotenggersemeru dapat dinilai sebagai akun yang informatif karena konten yang diunggah banyak memberi informasi tentang perkembangan kebakaran mulai dari awal terjadi kebakaran hingga cara penanganannya. KeywordsHandling, Issues, Wildfire
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i10.2023.4870-4878 |
Article metrics10.31604/jips.v10i10.2023.4870-4878 Abstract views : 2964 | PDF views : 961 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Bahri, Obi Saepul. 2019. “Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017 Dan 2017/2018.†EDUCARE 50–54.
Cahayani, Fitrania Yunsafa, and Diana Amalia. 2023. “Peran Public Relations Dalam Implementasi Program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.†Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 3(3):1160–71. doi: 10.47467/DAWATUNA.V3I3.3864.
Jaques, Tony. 2007. “Issue Management and Crisis Management: An Integrated, Non-Linear, Relational Construct.†Public Relations Review 33(2):147–57. doi: 10.1016/J.PUBREV.2007.02.001.
Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Riau Ardhi Yusuf, Analisis, Sofyan Husein Siregar, Dodik Ridho Nurrochmat, Direktorat Penegakan Hukum Pidana Kementerian LHK, Gedung IV Manggala Wanabakti Blok Lantai, and Jl Gatot Subroto. 2019. “Analisis Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Riau.†Dinamika Lingkungan Indonesia 6(2):67–84. doi: 10.31258/DLI.6.2.P.67-84.
Prayudi, Prayudi. 2016. “Manajemen Isu Dan Krisis†edited by H. Zaki Dhiaurrahman. 287.
Rachmat Kriyantono. 2012. Measuring a Company Reputation in a Crisis Situation: An Ethnography Approach on the Situational Crisis Communication Theory.
Refbacks
- There are currently no refbacks.