HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 05 VII KOTO SUNGAI SARIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

(1) * Silvia Herlina Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Nasional, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar pada kelas tinggiSD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Permasalahan ini muncul karna sebagian hasil belajar siswa yang belum mencapai KD, siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas, pembelajaran didominasi dengan pendidik melalui berceramah, siswa tidak percaya dengan kemampuan sendiri, media pembelajar belum menarik perhatian siswa, rendahnya motivasi dam pembelajaran berlangsung mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas Tinggi SDN 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.

Jenis penelitin ini adalah analisis korelasional. Pada penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas IV, V, dan VI dengan jumlah siswa 37 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel motivasi belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa  kelas Tinggi SDN 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.Hal ini ditandai dengan hasil statistik rxy sebesar 0,347ditingkat hubungan cukup kuat dengan uji-t diperoleh thitung = 2,048, dan ttabel 1,698 = t=hitung >t- tabel pada taraf nyata 0.05. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh motivasi bealajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman sebesar 10, 9 % sedangkan 87,09 % dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian dpat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik.


Keywords


Motivasi Belajar, Motivasi, Hasil Belajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2847-2863
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2847-2863 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.

Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.

Arikunto, suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

________. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Andriani, Duri. 2014. Metode Penelitian. Banten: Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Pusat.

Hadi, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Daru Ulum Talaga Ganding Sumenep. Jurnal Kariman, 7(1), 59-70.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarata: Bumi Aksara.

Hisby, M. , & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Caracas. Jurnal Metaeduksi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79-82.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sumantri.

Maradona, Dos. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 03 Lubuk Alung. Skripsi. Padang Pariaman: STKIP Nasional.

Marlina, Santi. 2011. Hubungan Minat Belajar Terhadap Kesegaran Jasmani di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Skripsi. Padang: UNP.

Ningrum, Wulan Ratna. 2016. Pengaruh Peranan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17, II, hlm. 129-137.

Permendikbud. 66. 2013. Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Putra, Okki Guswandi. 2017. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 11 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Padanag Pariaman. STKIP Nasional.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Shochib, Moh. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Prametik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sisdiknas. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.