*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan dan kebutuhan anaknya dalam belajar. Hal ini diperkirakan mahasiswa malas untuk belajar dirumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 50 orang. Teknik sampel dilakukan secara Total Sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa angket untuk variabel keluarga dan minat belajar, dan data sekunder untuk hasil belajar siswa. Angket yang digunakan pada penelitian ini adalah angket yang telah di validasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial), yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji F, koefisien korelasi dan uji t dengan α = 0,05.         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Pengaruh keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa. (2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. (3) Pengaruh keluarga dan minat terhadap IPK mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa yaitu sebesar 57%, dengan perolehan Thitung =7,931 dan Ttabel = 3,198. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh keluarga terhadap IPK yaitu sebesar 57% |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2794-2801 |
Article metrics10.31604/jips.v10i5.2023.2794-2801 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.
Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.
Aulia, Rince. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA N Se-Kecamatan Koto Tangah Padang, Skripsi FE_UNP
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono( 2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
(2011). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajri. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (Mahasiswa Yang Terdaftar di Semester Juli-Desember Tahun 2013), Skripsi FE_UNP
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
(2013). Proses belajar mengajar.Jakarta : Bumi Aksara.
M. Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : RinekaCipta.
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
_______________.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. (2004). Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja, dan Anak. Jakarta : Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2011). Dasar-dasar Proses BelajarMengajar.Bandung:Sina Baru Algasindo.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download