KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 12 CUBADAK MENTAWAI KOTA PARIAMAN

(1) * Elsy Melia Syari Mail (STKIP Nasional, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pelanggaran kedisiplinan belajar siswa SD Negeri 03 Padang Sago. Pelanggaran yang sering terjadi dapat meganggu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran disiplin belajar siswa, upaya pihak sekolah dalam mengatasi pelanggaran disiplin belajar siswa, dan faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran disiplin belajar siswa di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan study documenter. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kemudian menarik keimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelanggaran disiplin siswa yaitu terlambat datang kesekolah, tidak melaksanakan piket, tidak membuat PR, pakaian tidak lengkap, siswa keluar masuk kelas, alat tulis tidak lengkap, berjalan saat pembelajaran berlangsung, berbicara saat guru menerangkan dan menggunakan warna jilbab hitam. (2) Penyebab siswa melakukan pelanggaran disiplin ada dari Faktor internal yaitu malas belajar, bermain, tidak adanya kesadaran disiplin dalam diri. Faktor eksternal yaitu guru mengajar tidak menggunakan media,  tidak ada variasi dalam mengajar,  tugas yang diberikan oleh guru terlalu banyak, Perhatian guru kepada siswanya kurang, guru tidak bertanggung jawab atas kedisiplinan siswanya. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi pelanggaran yaitu menasehati, memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar, memanggil orang tua murid, memajang atribut sikap disiplin yang harus dikembangkan siswa SD dalam kurikulum 2013 dan tata tertib belajar disekolah

Keywords


kedisiplinan belajar, siswa SD, pelanggaran

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2786-2793
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2786-2793 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.

Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aqib, Z. (2011). Pendidikan karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: CV Yrama Widya.

Dakhi, Agustin Sukses. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Isnaini,F & Taufik. (2015). Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33-42.

Mahmudi. 2022. Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Munawaroh, S (2018). Hubungan minat dan efikasi diri dengan kedisiplinan belajar pkn. Basic Education, 7 (13), 1-224.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang- Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depertemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Permadi, Yohanes, dkk. (2021). Pengantar Pendidikan. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.

Ristiana, D., Masturi, M & Pratiwi,I.A. (2020). Kedisiplinan belajar belajar siswa kelas IV SD Negeri Pogading. Jurnal for lesson and learning studies, 3(2), 165-172.

Rusmiatiwi Ria. 2018. Studi kasus kedisiplinan belajar siswa SDIT LHI yang menerapkan model pembelajaran problem based learning. E- Jurnal prodi teknologi pendidikan, 7, 296-302.

Simbolon, Jamilin. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13, 78-79.

Simbolon, Jamilin. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13, 78-79.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alpabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyawati, dkk. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VI B MIN 3 Mojokerto. jurnal program studi PGMI, 6, 107-109.

Susilawati, Eka. 2021. Pembinaan Kedisiplinan Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al- Hidayah Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Saifuddin Jambi.

Sutrisno Heru, 2009. Kasus perilaku pelanggaran disiplin siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2, 60-66.

Ulandari, Desi. (2019). Pelayanan Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4, 32-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.