RESEPSI TENAGA KESEHATAN DAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI SURABAYA PADA CUITAN TWITTER AKUN @KIKYSAPUTRII

(1) * Erika Yulyawati Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Heidy Arviani Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perkembangan sosial media menjadikanya melekat dengan setiap kegiatan manusia. Hal itu mengakibatkan pesan serta kritik yang disampaikan melalui sosial media pada saat ini diterima dan oleh khalayak dari berbagai kalangan. Pada penelitian ini akan di bahas mengenai ragam pemaknaan khalayak terutama pada Tenaga Kesehatan serta Pasien di Surabaya tentang suatu pesan yang disampaikan di sosial Media Twitter @KikySaputrii. Pesan pada Twitter tersebut disampaikan tentang Pelayanan Kesehatan di Indonesia dan Luar negeri yang dinilai mengkritik para Tenaga Kesehatan di Indonesia. Nantinya Pesan tersebut akan dimaknai dan digolongkan menjadi 3 kategori seusai dengan Teori Encoding-Decoding Stuart Hall, yakni Dominant Hegemonic Position, Negosiated Position and Opposition Position.


Keywords


Resepsi, Encoding-Decoding, Twitter, Pelayanan Kesehatan, Kritik.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2536-2544
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2536-2544 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Butsi, F. I. (2019). MEMAHAMI PENDEKATAN POSITIVIS, KONSTRUKTIVIS DAN KRITIS DALAM METODE PENELITIAN KOMUNIKASI. Ilmu Komunikasi, 2(1), 48-55.

Chumairo, N. A. (2023). ANALISIS RESEPSI MILENNIALS TERHADAP DISKRIMINASI USIA PADA FILM “SENIOR YEAR Nur Alfia . Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

Dwiputra, K. O. (2021). Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. JURNAL KOMUNIKASI PROFESIONAL, 1, 26-38.

Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). PEMAKNAAN RASISME DALAM FILM. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127-134.

Helaluddin, H. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Jurnal ResearchGate, 1-15.

Nasawida, M. D., & Sari, S. H. (2022). PENYELESAIAN SENGKETA MEDIS KESALAHAN DIAGNOSIS. Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(1), 10-27.

Meilasari, S. H., & Wahid, U. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The Colorâ€. Journal Komunikasi, 11(1), 1-8.

Mauli, D. (2018). TANGGUNG JAWAB HUKUM DOKTER TERHADAP KESALAHAN DIAGNOSIS PENYAKIT KEPADA PASIEN. Cepalo, 34

Mutiarin, D., & Al., E. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI ERA NEW NORMAL. Bantul: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.