(2) Anthony Sentoso
(3) Ellen Ellen
(4) Florentina Jasmine
(5) Lovis Vernando
(6) Kelvin Kelvin
(7) Vincent Vincent
*corresponding author
AbstractSeiring dengan perkembangan teknologi yang membuat internet tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, maka diperlukan penyesuaian cara pelaku usaha berinteraksi dengan konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan berinteraksi secara online melalui pemasaran digital, lebih tepatnya melalui media sosial bisnis. Analisis dan implementasi strategi pemasaran digital UMKM Lucky Star bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan keberadaan digital sebagai UMKM bidang elektronik yang telah lama berdiri di Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik purposive sampling. Sampel akhir dari penelitian ini adalah 9 orang termasuk pemilik bisnis dan pelanggan dari demografi yang berbeda. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan desain logo, pembuatan akun Facebook dan WA Business, pembuatan feed Instagram, pembuatan Linktree, dan pembuatan website UMKM dengan tujuan untuk mempromosikan dan branding produk dan layanan UMKM Lucky Star. KeywordsMedia Sosial, Pemasaran Digital, Promosi, UMKM
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2493-2503 |
Article metrics10.31604/jips.v10i5.2023.2493-2503 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2018). Digital marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education Limited. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1331658
Charlesworth, A. (n.d.). Digital marketing : a practical approach. Retrieved May 8, 2023, from https://www.routledge.com/Digital-Marketing-A-Practical-Approach/Charlesworth/p/book/9780367706593
Hermawan, I., Reniawaty, D., Pramuditha, P., & Fusdsyi, M. I. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 96–106. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/932
Kingsnorth;, S. (2016). DigitalMarketingStrategyAn integratedapproach to onlinemarketing. 324.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Le, J. (2023, March). Marketplace vs Platform - What Are The Differences? Litcommerce. https://litcommerce.com/blog/ecommerce-vs-online-marketplace/
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6
Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id.
https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Vidal, F. (2019). What Is A Marketplace? Our understanding of multi-seller businesses. In Shopery. https://www.shopery.com/insights/what-is-a-marketplace
Visser, M., Sikkenga, B., & Berry, M. (2021). Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI. Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI, 1–649. https://doi.org/10.4324/9781003203650
Walidin, H. W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.); 1st ed., Vol. 1). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301/1/Full Buku MP Kualitatif %26 Grounded Theory.pdf
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download