ANALISIS DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM LUCKY STAR

(1) * Lady Lady Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(2) Anthony Sentoso Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(3) Ellen Ellen Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(4) Florentina Jasmine Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(5) Lovis Vernando Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(6) Kelvin Kelvin Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(7) Vincent Vincent Mail (Universitas Internasional Batam, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat internet tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, maka diperlukan penyesuaian cara pelaku usaha berinteraksi dengan konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan berinteraksi secara online melalui pemasaran digital, lebih tepatnya melalui media sosial bisnis. Analisis dan implementasi strategi pemasaran digital UMKM Lucky Star bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan keberadaan digital sebagai UMKM bidang elektronik yang telah lama berdiri di Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik purposive sampling. Sampel akhir dari penelitian ini adalah 9 orang termasuk pemilik bisnis dan pelanggan dari demografi yang berbeda. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan desain logo, pembuatan akun Facebook dan WA Business, pembuatan feed Instagram, pembuatan Linktree, dan pembuatan website UMKM dengan tujuan untuk mempromosikan dan branding produk dan layanan UMKM Lucky Star.


Keywords


Media Sosial, Pemasaran Digital, Promosi, UMKM

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2493-2503
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2493-2503 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2018). Digital marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education Limited. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1331658

Charlesworth, A. (n.d.). Digital marketing : a practical approach. Retrieved May 8, 2023, from https://www.routledge.com/Digital-Marketing-A-Practical-Approach/Charlesworth/p/book/9780367706593

Hermawan, I., Reniawaty, D., Pramuditha, P., & Fusdsyi, M. I. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 96–106. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/932

Kingsnorth;, S. (2016). DigitalMarketingStrategyAn integratedapproach to onlinemarketing. 324.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Le, J. (2023, March). Marketplace vs Platform - What Are The Differences? Litcommerce. https://litcommerce.com/blog/ecommerce-vs-online-marketplace/

Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6

Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id.

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Vidal, F. (2019). What Is A Marketplace? Our understanding of multi-seller businesses. In Shopery. https://www.shopery.com/insights/what-is-a-marketplace

Visser, M., Sikkenga, B., & Berry, M. (2021). Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI. Digital Marketing Fundamentals: From Strategy to ROI, 1–649. https://doi.org/10.4324/9781003203650

Walidin, H. W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.); 1st ed., Vol. 1). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301/1/Full Buku MP Kualitatif %26 Grounded Theory.pdf

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476


Refbacks

  • There are currently no refbacks.