
(2) Christian Herman Johan De Fretes

(3) Roberto Octavianus Cornelis Seba

*corresponding author
AbstractKomunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan aktor non-negara yang ikut berperan aktif dalam mendukung berbagai kebijakan dari pemerintah untuk mencapai kepentingan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya nation branding yang dilakukan oleh Komunitas Ekonomi Diaspora dan Perhimpunan Pelajar Indonesia melalui Festival Pasar Senggol Turki tahun 2022. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini akan menganalisis bagaimana strategi Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia ( PPI) dalam melakukan nation branding khususnya dibidang ekonomi dan budaya melalui penyelenggaraan Festival Pasar Senggol di Turki. Melalui promosi nation branding ini dibidang ekonomi dan budaya Indonesia dapat meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Turki. KeywordsNation Branding, Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia, Festival Pasar Senggol Turki.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1652-1663 |
Article metrics10.31604/jips.v10i4.2023.1652-1663 Abstract views : 1256 | PDF views : 690 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Cull, nicholas jhon. 2009. Public Diplomacy. figueroa press.
Darmawan, Aulia Surya Putri, Christy Damayanti, and Halifa Haqqi. 2020. “Diplomasi Panda Sebagai Diplomasi Publik Tiongkok Terhadap Jepang.†Jurnal Hubungan Internasioanl 1(1): 1–11.
Dinnie, Keith. 2008. Nation Branding : Consept, Issues, Practice. Oxford: great britanian.
Dipua, Angkasa, Nuddin Harahab, Romy Hermawan, and Dhiana. 2020. “The Conceptual of Second Track Diplomacy in Sea Defence to Increase Regional Comprehensive Economic Partnership for Indonesia.†R JOAS 7(103): 103–11.
Erwindo, Caraka Wahyu. 2018. “Efektifitas Diplomasi Budaya Dalam Penyebaran Anime Dan Manga Sebagai Nation Branding Jepang.†Jurnal Analisis Hubungan Internasional 7(2): 80.
Nanfanita, Hana, Raden Maisa Yudoyono, and Ani Soejipto. 2018. “Analisis Wacana Diaspora Indosia: Tinjauan Konseptual Dalam Hubungan Internasional.†Jurnal Kajian Ilmiah 9(2): 9-108.
Nurika, Rizki Rahmadini. 2017. “Peran Globalisasi Di Balik Munculnya Tantangan Baru Bagi Diplomasi Di Era Kontemporer.†Jurnal Sosial Politik 3(1): 126.
Porte, teresa La. 2012. The Ligitimacy and Effectiviness of Non-State Actors and the Public Diplomacy Concept Dalam Public Diplomacy Theory and Conceptual Issue. san diego: ISA Annual Convention.
Pujayanti, Adirini. 2016. “Peran Daerah Dalam Diplomasi Ekonomi (The Role of Local Government in Economic Diplomacy).†Politica 7(1): 78–101. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/politica/article/viewFile/1118/610.
Ristiyanti, Septia Deva, and Havidz Ageng Prakoso. 2022. “Upaya Indonesia Melalui Program Indonesia Spice Up The World Dalam Mengenalkan Rempah Dan Kuliner Di Mancanegara.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 14(3): 12–26.
Safaat, Ayu Rezky, Farahdiba Rahma Bachtiar, and Nur Aliyah Zainal. 2022. “Korean Pop Culture Sebagai Instrument Politik Luar Negeri Korea Selatan.†Vox Populi 5(2): 169–96.
Somatri, Gumilar Rusliwa. 2005. “Memahami Metode Kualitatif.†Jurnal MAKARA, SOSIAL HUMANIORA 9(257–65).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B. . ALFABETA. Bandung.
Varga, Somogi. 2013. “The Politics of Nation Branding : Collective Identity and Public Sphare in the Neoliberal State.†Journal indexing and metrics 38(8).
Yani, Yanyan Mochamad, and Elnovani Lusiana. 2018. “Soft Power Dan Soft Diplomacy.†Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam 14(2): 48–65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.