GURU PAUD DI ERA DIGITAL

(1) * Sofni Indah Arifa Lubis Mail (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
(2) Mhd. Habibu Rahman Mail (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
(3) Nursaida Yanti Mail (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sudut pandang guru PAUD terhadap pola belajar dan mengajar anak usia dini di era digital. Guru PAUD dan anak didik tumbuh dan kembang bersama dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini.  Narasumber berjumlah 15 orang guru PAUD. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling.  Temuan dari penelitian ini adalah teknologi membuat anak usia dini mendapat ilmu pengetahuan terlebih dahulu sebelum diajarkan oleh gurunya. Tapi di sisi lain anak usia dini menunjukkan sikap individualistis karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan gawai. Hal ini membuat perubahan yang signifikan dalam pola belajar dan mengajar di sekolah. Selain dituntut untuk mengembangkan diri dan memperluas cakrawala ilmu pengetahuan secara berkala, seorang guru PAUD juga harus mempersiapkan anak  didik agar menjadi individu yang mempunyai daya saing global dan berkarakter mulia.


Keywords


guru PAUD, anak usia dini, era digital

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.%25p
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i2.2023.%p Abstract views : 1351 | PDF views : 499

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fu, Ja Shan. (2013). ICT in Education: A Critical Literature Review and Its Implications, International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 2013, Vol. 9 Issues 1. Pp. 112-125.

Sujiono, Yuliani N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini INDEKS 2013 Jakarta

UNICEF (2017) State of the World`s Children 2017 : Children in a Digital World

Hidayat, M.L., and Listiawati, V., (2018). The Urgency of Parents Digital Literacy to Prevent Their Children from Harmful Effects of Smart-Mobile Devices. Proceeding of International Conference On Child-Friendly Education Universitas Muhammadiyah Surakarta, April 21st-22nd, ISSN: 2503-5185.

Suryana, Dadan (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Johan, G. M. (2019). Masyarakat Era Digital dan Pendidikan. Antara Peluang dan Tantangan. https://www.researchgate.net/publication/322265378_MASYARAKAT_ERA_DI GITAL_DAN_PENDIDIKAN_ANTARA_PELUANG_DAN_TANTANGAN:

OECD (2019) What Do We Know About Children and Technology?

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sepúlveda, A. (2020). The Digital Transformation of Education: Connecting Schools, Empowering Learners. International Telecommunication Union UNESCO UNICEF.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.