
(2) Mudzanatun Mudzanatun

(3) Ervina Eka S

(4) Ulin Nafiah

*corresponding author
AbstractKecerdasan interpersonal merupakan suatu kepekaan atau kepedulian individu terhadap individu lainnya yang diperlukan guru dan peserta didik dalam sebuah pembelajaran. Dalam hal ini masih ada peserta didik yang belum memiliki kecerdasan interpersonal secara maksimal didalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah ingin mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik kelas III SD Supriyadi Semarang melalui pembelajaran tematik. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dilakukan dengan metode kuesioner atau angket yang kemudian menggunakan skala likert. Dengan menggunakan subjek penelitiannya peserta didik kelas III SD Supriyadi semarang. Bentuk kecerdasan interpersonal peserta didik yang dikembangkan di SD Supriyadi Semarang diantaranya adalah berbagi, membandingkan, bekerjasama, memiliki banyak teman, dan belajar dari orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal peserta didik kelas III SD Supriyadi Semarang berkembang dengan baik, sehingga dapat tercipta interaksi yang baik dalam kegiatan pembelajaran yang ingin dicapai. KeywordsKecerdasan Interpersonal; Peserta Didik; Pembelajaran Tematik
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.%25p |
Article metrics10.31604/jips.v10i2.2023.%p Abstract views : 861 | PDF views : 364 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120–128.
Nurbaiti, E., Laily, I. F., & Alfiani, D. A. (2020). IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR A . PENDAHULUAN Pendidikan adalah usaha orang tua atau generasi tua untuk mempersiapkan anak atau generasi muda agar mampu hidup secara mandiri dan mampu. Universal Journal of Educaional Research, 01(02), 67. http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/17/9
Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Sd/Mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499
Nurtika, E. (2019). Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Metode Bermain Peran. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5309
Safruddin, M., Maemonah, M., & Sakdah, M. S. (2022). Implementasi Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dasar : Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 5. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1234. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1149
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Penerbit Alfabeta,Bandung.
Sutarna, N. (2019). Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 61. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15102
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Wulandari; dkk. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi Di Kelas X Sma Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 3 nomor 2, 183.
Refbacks
- There are currently no refbacks.