STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS PADA PILKADA 2020 DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesta demokrasi pada tahun 2020 yang lalu yaitu pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak dan dalam pemilihan calon kepala daerah di kota Medan diikuti oleh dua calon pasangan yaitu Boby Nasution dan Akhyar Nasution. Adapun tujuan dari penelitian ini menganalisis strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera dalam meningkatkan elektabilitas pada Pilkada 2020 di Kota Medan serta menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera dalam meningkatkan elektabilitas pada Pilkada 2020 di Kota Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi yang meliputi strategi penguatan, strategi bujukan, strategi rasionalisasi dan strategi konfrontasi.Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana untuk pengumpulan datanya peneliti lakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu PLT Dewan Perwakilan Daerah PKS Kota Medan, Sekretaris Tim Pemenangan pasangan AMAN, calon Wakil Walikota yang langsung mengikuti kontestasi pemilihan tersebut, dan satu informan triangulator yaitu Wakil BM Partai Amanat Nasional SUMUT. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada tiga jenis strategi komunikasi politik yang paling dominan digunakan oleh pihak PKS pada kontestasi pemilihan walikota yang lalu, yaitu Strategi rasionalisasi, strategi bujukan, dan strategi penguatan. Simpulan strategi rasionalisasi dilakukan dengan cara persuasif kepada masyarakat melalui aktivitas komunikasi door to door,
Â
Kata Kunci:Â Strategi Komunikasi Politik, Pemilihan Walikota Medan, Partai Keadilan Sejahtera
Full Text:
PDFReferences
Aida, Nur Rohmi (2020) Daftar 270 Daerah Yang Gelar Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Kompas.com: Jakarta.
Arifin, Anwar (2003) Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Armi Zahlul, (2017) Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Walikota Banda Aceh Pada PILKADA 2017. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: Banda Aceh.
Azhar, Anang Anas, (2017) Komunikasi Politik Untuk Pencitraan. Perdana Publishing: Medan.
Cangara, Hafied (2009) Komunikasi Politik: Konsep, Teori Dan Strategi. Rajawali Pes: Jakarta.
Effendy, Onong Uchjana, (2020) Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Ginting, Rahmanita (2020). Kemampuan Literasi Media Pada Era Informasi Digital Di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, And Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.816
Irpannusir, Zulkarnain I, & Ginting, Rahmanita (2019). Analisis Model Komunikasi Pada Partai Politik Lokal Dan Partai Politik Nasional Di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Persepsi: Communication Journal. 3(1) 36-46.
Nur, Emilsyah (2019), Strategi Komunikasi Tim Sukses Pada Kampanye Politik Untuk Memenangkan Calon Legislatif Di Kota Makassar. Jurnal Diakom Nomor 1 (2) 2019 (120-128).
Pito, Toni Andrianus, dkk (2009) Mengenal Teori-teori Politik dari Sistem Politik Sampai Korupsi. Nuansa: Bandung.
Ramadhansari, Ika Fatma (2020) Pilkada Kota Medan 2020: Pemenangnya Bukan Mantu Jokowi, Tapi Golput. Bisnis.com: Jakarta.
Syofian, Ridho (2020) Strategi Komunikasi Politik Partai Golongan Karya (GOLKAR) Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal JOM FISIP Universitas Riau (7) 2020, 1-13.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.280-287
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.