 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)(2) Bagus Perkasa Zupit
 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)(3) Muhammad Iqbal Indraji
 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
 (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)*corresponding author
| AbstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran bimbingan dan konseling kelompok dalam membantu siswa mengatasi tantangan yang mereka miliki di sekolah dan dampak dari tantangan tersebut. Untuk penelitian ini, digunakan metode kualitatif yang disebut studi kasus. Wawancara dengan partisipan dalam penelitian, serta observasi dan pencatatan partisipan, digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) bimbingan dan konseling memegang peranan yang sangat penting dalam proses pemecahan masalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, dan pelaksanaan bimbingan konseling dapat diintegrasikan dengan berbagai pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (2) keluaran proses bimbingan konseling dapat menjadi wadah utama untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, sehingga peran dan fungsi bimbingan konseling adalah sebagai proses pencegahan dan proses pengobatan berbagai masalah. | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.111-114 | Article metrics10.31604/jim.v7i1.2023.111-114 Abstract views : 2587 | PDF views : 1165 | Cite | Full Text Download | 
References
Asmani, J.M. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta: Diva Press
Geldard, Katherine. (2011). KonselingRemaja. Bandung: Alfabeta
Juntika, Nurihsan. (2006). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Depdikbud
Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102-123.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia.
Prayitno. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia.
Ralasari, T. M., & Sukmawati, E. Konseling Kelompok Untuk Kenakalan Remaja.
SAFITRI, I. (2020). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Tingkah Laku Menyimpang Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Klas Ii Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sari, N., Giyono, G., & Sofia, A. (2015). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas Viii. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
  
  
  Email this article
			Email this article 








