STUDI DESKRIPTIF MENGENAI OPINI MAHASISWA TERHADAP FENOMENA APLIKASI WHATSAPP DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini mahasiswa terhadap fenomena aplikasi whatsapp di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan karakter fisik pesan saat menggunakan aplikasi whatsapp sangat mempengaruhi makna yang ditimbulkan pada proses pengiriman pesan baik dalam bentuk pesan suara maupun tulisan. Kualitas warna dapat memiliki daya tarik bagi pengguna aplikasi whatsaap ketika menggunakan aplikasi whatsaap. Warna yang menarik dapat memberikan dan membantu artikulasi dari pesan yang disampaikan melalui aplikasi whatsaap. Aplikasi whatsaap sangat menguntungkan bagi manusia dalam menyebarluaskan informasi. Selain menyebarkan informasi juga digunakan untuk sharing antar pengguna mengenai hal yang difikirkan dan dirasakan masing-masing individu.
Kata Kunci : Opini Publik, Komunikasi, Aplikasi Whatsapp
Â
Abstract
His study aims to find out how student opinions on the phenomenon of whatsapp application at Muhammadiyah University of South Tapanuli. The type of research used is qualitative research with a phenomenological study approach. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. The results of the study show that the physical character of the message when using the WhatsApp application greatly influences the meaning generated in the process of sending messages both in the form of voice messages and writing. Color quality can have an appeal for whatsaap application users when using the whatsaap application. Attractive colors can provide and help the articulation of messages delivered through the application whatsaap. The application of whatsaap is very beneficial for humans in disseminating information. In addition to disseminating information, it is also used for sharing between users about what each individual thinks and feels.
Â
Keywords: Public Opinion, Communication, Whatsaap Application
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Abrar, Ana. 2003. Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI
Afdhal, Ahmad. 2005. Tips & Trik Public Relation. Jakarta: Grasindo
Alyusi, Shiefti. 2016. Modal Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta:Kencana
Anne Gregory. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relation. Jakarta:Erlangga
Arif, Syaiful. 2000.Menolak Pembangunanisme.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Effendy, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
Griffin, Emory. 2004. A First Look at Communication Theory, 5th, ed, Printed in Singapore
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mulyana, Dedi. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.
Nurhakim, Syarif. 2015. Dunia Komunikasi dan Gadget: Evolusi Alat Komunikasi, Menjelajah Jarak dengan Gadget. Jakarta: Bestari Buana Murni
Olii, Helena. 2007. Opini Publik. Jakarta: PT Indeks
Pangarep, Hegar.2011.Publik Relation. Yogyakarta: Media Pressindo
Pawito, 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta:LkiS
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Mercu Buana
Rohim, Syaiful. 2016. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Ruben, Brent. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta:Rajawali Pers
Rumanti, Maria. 2002. Dasar-dasar Public Relation. Jakarta: Grasindo
Sutopo,H.B.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif:Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Edisi-2.Surakarta: Universitas Sebelah Maret.
West Turner. 2009. Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo
Sumber Lain:
http://www.ardilas.com/2015/09/definisi-arti-whatsapp-adalah-merupakan aplikasi-berkirim-pesan-messenger-chatting android.html)
DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v3i2.2019.94-103
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.