STUDI DESKRIPTIF MENGENAI OPINI MAHASISWA TERHADAP FENOMENA APLIKASI WHATSAPP DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Sigit Hardiyanto, Ali Sahbana

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini mahasiswa terhadap fenomena aplikasi whatsapp di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan karakter fisik pesan saat menggunakan aplikasi whatsapp sangat mempengaruhi makna yang ditimbulkan pada proses pengiriman pesan baik dalam bentuk pesan suara maupun tulisan. Kualitas warna dapat memiliki daya tarik bagi pengguna aplikasi whatsaap ketika menggunakan aplikasi whatsaap. Warna yang menarik dapat memberikan dan membantu artikulasi dari pesan yang disampaikan melalui aplikasi whatsaap. Aplikasi whatsaap sangat menguntungkan bagi manusia dalam menyebarluaskan informasi. Selain menyebarkan informasi juga digunakan untuk sharing antar pengguna mengenai hal yang difikirkan dan dirasakan masing-masing individu.

Kata Kunci : Opini Publik, Komunikasi, Aplikasi Whatsapp

 

Abstract

His study aims to find out how student opinions on the phenomenon of whatsapp application at Muhammadiyah University of South Tapanuli. The type of research used is qualitative research with a phenomenological study approach. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. The results of the study show that the physical character of the message when using the WhatsApp application greatly influences the meaning generated in the process of sending messages both in the form of voice messages and writing. Color quality can have an appeal for whatsaap application users when using the whatsaap application. Attractive colors can provide and help the articulation of messages delivered through the application whatsaap. The application of whatsaap is very beneficial for humans in disseminating information. In addition to disseminating information, it is also used for sharing between users about what each individual thinks and feels.

 

Keywords: Public Opinion, Communication, Whatsaap Application


References


DAFTAR PUSTAKA

Abrar, Ana. 2003. Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI

Afdhal, Ahmad. 2005. Tips & Trik Public Relation. Jakarta: Grasindo

Alyusi, Shiefti. 2016. Modal Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta:Kencana

Anne Gregory. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relation. Jakarta:Erlangga

Arif, Syaiful. 2000.Menolak Pembangunanisme.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Effendy, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Griffin, Emory. 2004. A First Look at Communication Theory, 5th, ed, Printed in Singapore

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mulyana, Dedi. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Nurhakim, Syarif. 2015. Dunia Komunikasi dan Gadget: Evolusi Alat Komunikasi, Menjelajah Jarak dengan Gadget. Jakarta: Bestari Buana Murni

Olii, Helena. 2007. Opini Publik. Jakarta: PT Indeks

Pangarep, Hegar.2011.Publik Relation. Yogyakarta: Media Pressindo

Pawito, 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta:LkiS

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Mercu Buana

Rohim, Syaiful. 2016. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Ruben, Brent. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta:Rajawali Pers

Rumanti, Maria. 2002. Dasar-dasar Public Relation. Jakarta: Grasindo

Sutopo,H.B.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif:Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Edisi-2.Surakarta: Universitas Sebelah Maret.

West Turner. 2009. Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo

Sumber Lain:

http://www.ardilas.com/2015/09/definisi-arti-whatsapp-adalah-merupakan aplikasi-berkirim-pesan-messenger-chatting android.html)




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v3i2.2019.94-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.