(2) FX Sri Sadewo
*corresponding author
AbstractPentingnya pendidikan akan pengendalian penduduk merupakan upaya untuk mengubah perilaku masyarakat untuk merencanakan dan membangun keluarga yang ideal. Sekolah Siaga Kependudukan merupakan sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, terdapat pojok kependudukan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pendidikan kependudukan melalui Sekolah Siaga Kependudukan dalam perspektif AGIL Talcott Parsons, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Penentuan Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitain menunjukkan (1) Adaptation, Sekolah Siaga Kependudukan bukan mata pelajaran baru, Â materi pelajaran dipertajam yang disesuaikan dengan kondisi kependudukan saat ini, (2) Tujuan dari Sekolah Siaga Kependudukan menumbuhkan peserta didik yang sadar dan tanggung jawab terhadap kondisi kependudukan yang ada disekitarnya, (3) Integrasi pendidikan kependudukan melalui SSK baik dalam kurikulum dan kelembagaan, (4) Latency, membangun nilai dan moral pada individu yang berkarakter di tengah masyarakat, seperti sifat sadar kependudukan, peduli terhadap sesama, dan toleransi antar sesama. Kata Kunci:Â Pelaksanaan, Pendidikan Kependudukan, Perspektif teori AGIL |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v5i1.2021.181-191 |
Article metrics10.31604/jim.v5i1.2021.181-191 Abstract views : 5524 | PDF views : 1561 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Aritonang, V. (2017). JOM FISIP Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017 Page 1. Strategi Bertahan Hidup Petani Penggarap Di Jorong Sarilamak Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, 4(1), 1–13.
Badan Perencanaan Daerah Jawa Timur. (2019). Data Dinamis Provinsi Jawa Timur : Triwulan II 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
BPS. (2017). Indeks Pembangunan Manusia. Bps, 16, 55. https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/indikator/763
Erlangga, A. (2019). MINI SURVEI :Pemanfaatan Media Promosi Pendidikan Kependudukan Bagi Remaja Sebagai Acuan Peningkatan Media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Pendidikan Kependudukan. BKKBN.
Fernandes, R. (2017). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Vol. 4 (2).
George Ritzer, D. J. G. (2010). Teori Sosiologi Modern. Kencana.
Maunah, B. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Konflik. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(1), 71. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.53
Mayasari, S., & Husin, A. (2014). Remaja Genre: Peluang Menuju Bonus Demografi. Demography Journal of Sriwijaya, 1(2), 4–8. https://www.neliti.com/publications/181646/remaja-genre-peluang-menuju-bonus-demografi
Moleong, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Mukri, S. G. (2018). Menyongsong Bonus Demografi Indonesia. Buletin Hukum & Keadilan, 2(6), 51–52.
Noor, M. (2015). Kebijakan Pembangunan Kependudukan dan Bonus Demografi. Serat Acitya-Jurnal Ilmiah, 4(1), 121–128.
Pamungkas, M. A. (2017). Milenium Development Goals Dalam Rangka Menanggulangi Kemiskinan di Yogyakarta. 20150520132, 1–9.
Sari, V. I., & Indrawadi, J. (2019). Pembentukan Karakter Remaja Kota Padang Melalui Program Generasi Berencana untuk Menghadapi Bonus Demografi 2030. Journal of Civic Education, 2(4), 283–294. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.254
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.75
Utami, D. D. Y. (2015). Penyuluhan Program BKKBN Mengenai Generasi Berencana ( GenRe ) dan Sikap Remaja. Jurnal Simbolika, 1(2), 199–210.
Yulianti, D. (2017). Program Generasi Berencana (GenRe) Dalam Rangka Pembangunan Manusia Menuju Pembangunan Nasional Berkualitas. Jurnal Analisis Sosial Politik, 1(2), 93–108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download