Analisis Representasi Semangat Hidup Dalam Film Summer Ghost (Model Roland Barthes)

(1) * Yasinta Indriarti Suratno Putri Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Tri Widya Budhiarti Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Henry Roris P. Sianturi Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana semangat hidup direpresentasikan dalam film Summer Ghost (2021) melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Film ini menggambarkan dinamika emosional dan psikologis individu yang mengalami keterasingan, trauma, dan keraguan akan makna hidup. Dengan menganalisis sembilan adegan utama, penelitian ini mengkaji bagaimana makna dibentuk melalui struktur tanda dalam tiga lapisan: denotatif (makna literal), konotatif (makna emosional dan simbolik), serta mitos (makna ideologis). Hasil analisis menunjukkan bahwa semangat hidup tidak dihadirkan secara langsung, melainkan dibangun melalui elemen visual seperti cahaya kembang api, ruang hening, gerak tubuh, serta nuansa warna dan pencahayaan. Representasi ini menegaskan bahwa proses untuk menemukan kembali semangat hidup bersifat personal, bertahap, dan sering kali dimulai dari kesadaran kecil terhadap nilai keberadaan. Film ini secara simbolik menyampaikan bahwa keberanian untuk hidup dapat tumbuh melalui penerimaan, refleksi, dan pemaknaan ulang terhadap luka dan kehilangan.

Keywords


Anime; Representasi; Roland Barthes; Semiotika; Simbol Visual.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2264-2270
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2264-2270 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Alfikri, M., & Haritsa, M. B. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA FILM LAYANGAN PUTUS (MODEL ROLAND BARTHES). Journal Analytica Islamica, 11(2), 200. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.12832

Barthes, R. (1977). Image, Music, Text. Fontana Press.

Firdaus, R., Hermawan, N., Adiyani, L. K., Afdholy, N., Lutfi, M., & Kurnia, R. A. (2025). Transforming Wayang-Based Short Stories into Film Screenplays. International Journal of Scientific and Technology Research, 2(1), 141–149. https://doi.org/10.5281/zenodo.14632090

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. SAGE Publications.

Huda, M., Yustisia, K. K., & Winarsih, A. D. (2024). Symbolism and stereotypes in the cultural depiction of Turning Red movie. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 9(2), 118–134. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/enjourme/article/view/15156/

Lestari, D. A., & Iskandar, D. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA FILM “DUA GARIS BIRU.” PANTAREI, 5(2), 1–8. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/670

Lestari, F. A. (2021). Representasi perjuangan hidup dalam film parasite (analisis semiotika ronald barthes) [UPDM]. https://library.moestopo.ac.id/index.php?author=%22Dr.+Ardhan+Achmad%2C+SH%2C+MPA%22&search=Search

Minea, V. A. (2024). Exploring the concept of evil in Japanese anime: a multifaceted perspective. EON, 5(3), 170–183. https://doi.org/10.56177/eon.5.3.2024.art.1

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nichols, B. (2001). Introduction to Documentary. Indiana University Press.

Reza, H. (2021). HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DAN KONSEP DIRI DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA LANSIA [UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/15774/

Sari, F. I. P., & Maryatmi, A. S. (2019). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI (DIMENSI INTERNAL) DAN OPTIMISME DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING SISWA SMA MARSUDIRINI BEKASI. IKRA-ITH HUMANIORA, 3(1), 23–29. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/371


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.