(2) Ec. Nuruni Ika Kusuma W
*corresponding author
AbstractPelayanan publik dalam sektor perbankan merupakan ujung tombak interaksi antara lembaga keuangan dengan masyarakat luas, di mana customer service memainkan peran sentral sebagai perwakilan pertama yang menghadapi nasabah. Kualitas pelayanan yang diberikan tidak hanya mencerminkan kompetensi individu, tetapi juga nilai, budaya, dan komitmen institusi terhadap etika pelayanan. Bank BJB, sebagai bank pembangunan daerah, memiliki peran penting sebagai entitas bisnis dan agen pembangunan sosial ekonomi, sehingga penerapan etika dalam pelayanan menjadi krusial. Penulis mengamati secara langsung bagaimana nilai-nilai etika bisnis diterapkan oleh customer service di Bank BJB, mulai dari menyambut nasabah hingga menyampaikan informasi kompleks. Pelatihan berkala, pembinaan etika kerja, dan sistem pengawasan menjadi faktor pendukung utama, meskipun terdapat tantangan berupa perbedaan pemahaman individu terhadap standar etika. Laporan ini bertujuan menganalisis peran customer service dalam menciptakan pelayanan profesional dan beretika, mengidentifikasi kendala, dan mengevaluasi strategi Bank BJB dalam membina etika kerja
KeywordsEtika Bisnis, Customer Service, Pelayanan Publik, Bank BJB, Kepuasan Nasabah
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.%25p |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.%p Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Arif, A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Cahyani, A. D., Putri, S. M., Naka, O. A., & Lestari, T. N. (2024). Literature Review: Implementasi Etika Bisnis Dengan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 76-88.
Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang.
Firdaus, N. A., Al Azhiim, I. T., & Ardellia, V. (2023). Analisis penerapan etika bisnis dalam perusahaan: Studi literatur faktor pendukung dan tantangan. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 132-142.
Juliana, J., Faathir, M., & Sulthan, M. A. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro: Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat Di Bandung Tahun 2017. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(1), 36-43.
Kristianto, P. L., & UKRIM, D. F. E. (2010). Etika Bisnis dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Jurnal Equilibrium, 4(1).
Ningsih, E. R. (2017). Studi Eksplorasi Penerapan Etika Bisnis Pada Perbankan Syari'ah Di Indonesia. Iqtishadia: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Kudus, 10(1), 1-22.
Pratama, M. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank di Era Pandemi (Studi pada Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Fatmawati Jakarta Selatan) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).
Putritama, A. (2018). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Industri Perbankan Syariah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 1-20.
Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama.
Sari, T. P. (2021). Penerapan Etika Customer Service Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Nasabah Bank Muamalat Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Syafiq, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96-113.
Wardani, Y. M., & Ridlwan, A. A. (2022). Penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas pelanggan pada PT. Tanjung Abadi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 37-52.
Wulandari, A. Y. (2016). Analisis Kompetensi Komunikasi Customer Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Publik. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download