Strategi Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Induk Surabaya Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat

(1) * Khadijah Nourma Insani Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Permasalahan sampah menjadi salah satu tantangan besar dalam pembangunan berkelanjutan di Kota Surabaya. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pengelolaan sampah, salah satunya melalui pendirian Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan sampah yang dijalankan oleh BSIS sebagai LSM, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teori manajemen strategis dari Hunger dan Wheelen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSIS berhasil merumuskan strategi melalui penyusunan misi, penetapan tujuan yang terukur, serta kebijakan berbasis prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R). Strategi ini terbukti efektif dalam mengurangi timbulan sampah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Keberhasilan BSIS memperlihatkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan

Keywords


Pengelolaan Sampah, Bank Sampah, Strategi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1852-1857
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i3.2025.1852-1857 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Syakir Media Press.

Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543–571. https://doi.org/10.1093/jopart/mum032

Badan Pusat Statistik. (2025). Jumlah penduduk Indonesia 2023–2025. https://www.bps.go.id

Cottom, M., Nguyen, T., & Becker, H. (2024). Global plastic waste simulation models. Natural History Museum Press.

Fiantika, F. R., Musthofa, A., & Rahmat, B. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. PT Global Eksekutif Teknologi.

Hendro, O., & Rahayu, S. (2021). Manajemen strategi: Konsep dasar, teori, dan implementasi. CV Amanah.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

National Geographic. (2024). 91 percent of plastic isn't recycled. https://education.nationalgeographic.org/resource/whopping-91-percent-plastik-isnt-recycled/

Pemerintah Kota Surabaya. (2023). Bank Sampah Induk diresmikan Wali Kota. https://surabaya.go.id

Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-undang Republik Indonesia nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.

Safitrih, I. M. W., & A’yun, D. Q. (2024). Perilaku konsumen produktif terhadap pengelolaan sampah plastik. Jurnal Perilaku Lingkungan, 3(2), 55–63.

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2025). Data pengelolaan sampah nasional dan Jawa Timur. https://sipsn.menlhk.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.