(2) Nastia Nastia
(3) Sry Mayunita
*corresponding author
AbstractKebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sehari-hari adalah air bersih. Oleh karena itu, tugas utama pemerintah adalah menyediakan layanan air yang aman, merata, dan berkualitas tinggi, terutama melalui badan usaha milik daerah seperti Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda). Pentingnya badan usaha daerah dalam memberikan layanan air bersih yang adil dan berkualitas tinggi sebagai bagian dari layanan publik menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Lamaindo dalam meningkatkan layanan air bersih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data. Pelanggan dan pekerja Perumdam Tirta Lamaindo menjadi populasi dan sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rencana peningkatan layanan penyediaan air bersih bagi pelanggan Perumdam Tirta Lamaindo belum terlaksana dengan benar, sebagaimana ditunjukkan oleh kegagalan memenuhi semua indikator keberhasilan peningkatan strategi layanan, termasuk kurangnya sumber daya manusia yang profesional dan kurangnya loyalitas terhadap PDAM
KeywordsStrategi; Perusahaan Umum Daerah Air Minum; Pelayanan; Kebutuhan Air Bersih
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1837-1843 |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.1837-1843 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Amar, M. (2022). Air Bersih Pdam Spam Ikk Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sinjai Borong. 19(1).
Aziz, M. T., & Raharjo, S. Y. (2022). Kajian Tingkat Pelayanan Air Bersih Terhadap Pengembangan Kawasan Pelayanan Baru Di Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Seminar Nasional Dan Diseminasi Tugas Akhir, 603–616. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/ftsp/article/view/850
Djana, M. (2023). Analisis Kualitas Air Dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Di Kecamatan Natar Hajimena Lampung Selatan. Jurnal Redoks, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.31851/redoks.v8i1.11853
Moleong J Lexy.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda karya Bandung.
Manalu, A. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Air Berbasis Ramah Lingkungan Pengelolaan Sumber Daya Air Citarum Berbasis Ramah Lingkungan. Seminar Nasional Infrastruktur Berkelanjutan Era Revolusi Industri 4.0, 1, 41–48.
Muhjidin Mawardi. (2014). Air Dan Masa Depan Kehidupan. Tarjih: Jurnal Tarjih Dan Pengembangan Pemikiran Islam, 12(1), 132.
Pradhyksa, D. (2021). Pengaturan Pendayagunaan Sumber Daya Air dalam Umdang-Undang Cipta Kerja dan Korelasinya dengan Pasal 33 UUD 1945 (Regulation of Water Resources Utilization in The Job Creation Law and Their Correlation with Article 33 Of The 1945 Constitution). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1(No. 2), 190–199.
Rawung, C. R., Sambiran, S., & Sampe, S. (2016). Efektivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Kebutuhan Air Bersih Pada Masyarakat (Studi. Jurnal Governance, 3(1), 1–23.
Sukartini, N. M., & Samsubar, S. (2016). Akses Air Bersih di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 9(2), 89–98. https://www.neliti.com/publications/228355/akses-air-bersih-di-indonesia
Suratmojo, S., Mukhlis, M., & Lestari, E. P. (2022). Strategi PDAM Dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih Di Pulau Bunguran Besar Kabupaten Natun. Journal on Education, 5(1), 1394–1414. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/767
Wigati, R., Fathonah, W., Ruyani, N. R., Adhi, B., Pinem, M. P., Budiman, A., Syahid, A. A., Sipil, J. T., Sultan, U., Tirtayasa, A., Ilmu, J., Negara, A., Pasundan, U., Mesin, J. T., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Potensi Sumber Mata Air Sebagai Alternatif Penyediaan Air Bersih Pedesaan. 02(01), 27–34.
Wiradinanta, W., Yonariza, Y., & Mahdi, M. (2021). Keberlanjutan Pengelolaan Sumber Daya Air Bersih Nagari Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Menara Ilmu, XV(02), 116–123. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2493%0Ahttps://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/2493/2011
Yuliani, Yani, & Rahdriawan, Mardwi. (2015). Kinerja Pelayanan Air Bersih Masyarakat di Kelurahan Tugurejo Kota Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, 3(1), 11–25.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download