(2) Samson Laurens
(3) Wahab Tuanaya
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi pelayanan publik berbasis digital serta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Maluku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan publik berbasis digital telah memberikan dampak positif terhadap efektivitas, efisiensi, dan transparansi layanan perizinan. Kejelasan rencana kerja, penguasaan sumber daya manusia terhadap tugas pokok dan fungsi, serta pencapaian target pelayanan telah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Masyarakat juga merasakan peningkatan kepuasan terhadap pelayanan yang lebih cepat dan mudah diakses. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan sejumlah kendala yang masih dihadapi, seperti keterbatasan sarana dan prasarana digital, belum meratanya kemampuan aparatur dalam mengoperasikan sistem digital, serta rendahnya literasi digital masyarakat di beberapa daerah. Faktor-faktor tersebut perlu menjadi perhatian dalam upaya penguatan tata kelola pelayanan publik berbasis digital di masa mendatang. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi aparatur, penyediaan fasilitas teknologi yang memadai, serta sosialisasi berkelanjutan kepada masyarakat guna mendukung terwujudnya pelayanan publik yang efektif, efisien, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. KeywordsPelayanan publik; Digitalisasi; DPMPTSP
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2115-2122 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2115-2122 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Adnan, M., Ghazali, M., & Othman, N. Z. S. (2022). E-participation within the context of e-government initiatives: A comprehensive systematic review. Telematics and Informatics Reports, 8, 100015.
Arshad, H., Asghar, S., & Noor, M. A. (2023). A framework for eGovernment project success: an exploratory study using systematic literature review and empirical investigation. Electronic Government, an International Journal, 19(1), 22–54.
Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaborasi. Gadjah Mada University Press. https://digitalpress.ugm.ac.id/book/156
Farida, I., & Lestari, A. I. (2021). Implementation of E-Government as a Public Service Innovation in Indonesia. RUDN Journal of Public Administration, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.22363/2312-8313-2021-8-1-72-79
Huda, M., & Yunas, N. S. (2016). The Development of e-Government System in Indonesia. Jurnal Bina Praja, 8(1), 97–108. https://www.researchgate.net/publication/305396274_The_Development_of_e-Government_System_in_Indonesia
Indrajit, R. E. (2016). Electronic Government: Konsep dan Strategi (Edisi 2). Preinexus. https://inlislite.ipdn.ac.id/opac/detail-opac?id=19545
Rahawarin, M. A., & Selanno, H. (2022). The Effect of Motivation and Organizational Climate on Performance of Employees at The Bureau Of Public Relations and Protocol of Regional Secretariat of Maluku Province. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 12(1), 99–108.
Roziqin, A., Kismartini, Fajrina, A. N., Salahudin, & Sulistyaningsih, T. (2022). The development of Indonesian e-Government: A bibliometric analysis. COLLNET Journal of Scientometrics and Information Management, 16(1), 49–74.
Sakir, A. R. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 6(2), 165–171.
Selanno, H., & Wance, M. (2021). Performance Of Inspectorate In Supervision Of Government Administration In Buru Selatan Regency. Sosiohumaniora, 23(2), 157–189.
Talaohu, R. H., Zacharias, T., & Selanno, H. (2024). Self-concept dimension and locus of control dimension on employee performance. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(6), 456–470.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press (Simon & Schuster). https://cmc.marmot.org/Record/.b11405181
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download