(2) * Muhammad Mabrur Haslan
(3) Samsul Hadi Hadi
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan gadget pada anak dan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang dilakukan melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk penggunaan gadget pada anak yaitu sebagai media pembelajaran dan sebagai sarana hiburan. Anak-anak umumnya mulai mengenal gadget pada usia 5-8 tahun. Adapun aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi YouTube untuk menonton video pendek, kartun dan hiburan lainnya. Selain itu, beberapa anak juga menggunakan aplikasi Google untuk mencari materi pembelajaran dan menggunakannya untuk bermain game. Sedangkan durasi penggunaan gadget berkisaran antara 2 sampai 3 jam perhari. Dampak positif penggunaan gadget ini dapat meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan kemampuan anak dalam menggunakan teknologi dan membantu anak dalam belajar. Namun, di sisi lain gadget memiliki dampak negatif terhadap perilaku sosial anak seperti anak menjadi lebih suka menyendiri dan mengurangi interaksi dengan teman sebayannya serta emosi anak terkadang tidak terkontrol, selain itu berdampak negatif juga pada kesehatan mata anak akibat paparan layar gadget. KeywordsGadget; Perilaku Sosial
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2041-2047 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2041-2047 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Dalillah. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Darussalam Ciputat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Dewanti, T. C., & Widada, T. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 127.
Enggarnis S, O. (2023). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelas VI di Sekolah Dasar Islam Sultan Agung 04. Universitas Islam Sultan Agung.
Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Jurnal Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi Dan Pendidikan, 5(1), 105. https://doi.org/10.21274/Dinamika/2017.17.2.315
Hardianti, N. (2018). Analisis Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak SDN 11 Sepit. Universitas Hamzanwadi.
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 80.
Liastamin, A., Haslan, M. M., Alqadri, B., & Zubair, M. (2023). Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Perilaku Sosial Santri (Studi di Pondok Pesantren Darul Mihajirin Praya Praya, Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 3898.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 58.
Nisrima, S., & dkk. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 05(03).
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 30.
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 725.
Saniyyah, L., & dkk. (2021). Dampak penggunaan Gadget Tehadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 6.
Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, 2(1), 276–277.
Yoland, V. N. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Muhammadiyah Metro. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download