(2) Mustiawan Mustiawan
(3) Andys Tiara
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara Efektivitas Mendengarkan Lagu Bernadya “Untungnya Hidup Harus Tetap Berjalan” (variabel X) dengan Katarsis Emosional (variabel Y) pada remaja pengikut akun Instagram @bersenadya. Fenomena remaja yang menggunakan musik sebagai sarana pelepasan emosi menunjukkan bahwa musik berfungsi sebagai media pengelolaan stres dan ekspresi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi, serta regresi sederhana melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara efektivitas mendengarkan lagu dan katarsis emosional. Mayoritas responden merupakan remaja perempuan yang merasakan pelepasan emosi melalui unsur lirik reflektif dan melodi lembut pada lagu tersebut. Lirik yang menyiratkan penerimaan dan semangat hidup membantu pendengar memperoleh ketenangan psikologis. Penelitian ini mendukung teori Uses and Gratification bahwa individu secara aktif menggunakan musik untuk memenuhi kebutuhan emosional. Kelemahan penelitian ini adalah cakupan terbatas pada satu lagu dan satu komunitas, serta belum menggali pengalaman subjektif pendengar. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode campuran dan melibatkan beragam genre musik. KeywordsKatarsis emosional; Lagu; Uses and Gratification catarsis emotional; Uses and Gratification; Song
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2145-2155 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2145-2155 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum Dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey Sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law And Governance Journal, 2(4), 697–709. Https://Doi.Org/10.14710/Alj.V2i4.697-709
Annisa, S. W., Salsabila, A. A., & Mahmud, A. M. (2024). Perkembangan Emosional Remaja Broken Home. 4(1), 709–726.
Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Population And Sampling (Quantitative), And Selection of Key Informants (Qualitative) In A Practical Approach. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
Azahra, Y. P., Nasir, N., & Afriyenti, L. U. (2025). Ekspresi Emosi Dan Regulasi Emosi Gen Z Di Jakarta Dalam Menggunakan Musik Sebagai Media Penyaluran Emosi. Liberosis?: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 14(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.6734/Liberosis.V2i2.3027
Azwar, S. (2022). Reliabilitas Dan Validitas (4th Ed.). Pustaka Belajar.
Billboard. (2024). Indonesia Songs. Billboard.
Buana, N. S., & Burhanto. (2021). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia. Borneo Student Research, 2(2).
Dharmawan, R. (2024). Bernadya Menyala! Bawa Pulang 3 Piala Ami Awards 2024. Radio Republik Indonesia.
Fadilah, W. F., Sayekti, S., Sunaryanti, H., Tri, R., Sekolah, H., & Ilmu Kesehatan Mamba’, T. (2024). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. 5(2), 445–452. Http://Jurnal.Globalhealthsciencegroup.Com/Index.Php/Jlh
Fatika, R. A. (2024). 8 Genre Musik Favorit Orang Indonesia. Goodstats.
Fitriah, M. (2025). Makna Pesan Komunikasi Melalui Musik. Fakultasi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Djuanda.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Cakrawalahttps://Doi.Org/10.31294/Jc.V18i2
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (9th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habe, K., Dobrota, S., & Rei? Ercegovac, I. (2023). Functions of Music, Focused on The Context of Music Listening, And Psychological Well-Being In Late Adolescence Regarding Gender Differences. Frontiers In Psychology, 14(December), 1–11. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2023.1275818
Haryandri, R. A. E. (2020). Tinjauan Bentuk Karya Solo Piano “The Dancer” Ciptaan Levi Gunardi R.A. 1(Maret), 62–74.
Isrosa, M., Wardiah, D., & Surmilasari, N. (2022). Penerapan Expressive Writing Sebagai Metode Katar Sis Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Koba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3219–3229. File:///C:/Users/Asus/Downloads/6013-Article Text-20196-1-10-20220813.Pdf
Julia T. Wood. (2015). Interpersonal Communication - Everyday Encounters - 8th Edition (2015).
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial?: Studi Pada Teori Uses And Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.187
Khotimah, W. Q., Agustini, V. D., & Tiara, A. (2022). Kampanye Kesehatan Mental Melalui Meme: Edukasi Komunikasi Asertif Di Kalangan Siswa Sman 6 Kota Tangerang. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (Jamali), 04(September), 76–83. Https://Doi.Org/10.20885/Jamali.Vol4.Iss2.Art3
Lussy Putri Khadijah. (2023). Efektivitas Terapi Musik Untuk Menurunkan Tingkat Stres Dan Kecemasan. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 91–98. Https://Doi.Org/10.55606/Detector.V1i3.2101
Najla, A. N. (2020). The Impact Of Listening To Musik On The Psychological Condition of Adolecents. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–10. Https://Psyarxiv.Com/Fwujn/
Novia, N., Azmi, N., Harahap, N. H., & Abdullah, H. I. (2025). Manusia Kuat Karya Tulus. 5(9), 1080–1090. Https://Doi.Org/10.17977/Um064v5i92025p1080-1090
Nurhabiba, F. D., Misdalina, M., & Tanzimah. (2023). Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Sd 19 Palembang. Detikproperti, 09, 119–121.
Pamungkas, D. S., Sumardiko, D. N. Y., & Makassar, E. F. (2024). Dampak-Dampak Yang Terjadi Akibat Disregulasi Emosi Pada Remaja Akhir: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 15. Https://Doi.Org/10.47134/Pjp.V1i4.2598
Puspita, K. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Sebagai Media Katarsis Untuk Komunitas Bipolar Care Indonesia. Jurnal Barik?: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(3), 96–112.
Rahmawati, A. (2020). Pengaruh Terapi Musik Nature Sound Terhadap Kualitas Tidur Lansia Di Desa Pingkuk Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Repository.Stikes-Bhm, 8(75), 147–154. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jnc.2020.125798%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Smr.2020.02.002%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/810049%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1002/Anie.197505391%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/B9780857090409500205%0ahttp:
Ramadaiya, Y. D., Jayanti, G. P., & Affandi, A. G. (2024). Mengeksplorasikan Komunikasi Emosional Mahasiswa. In Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya.
Ruddin, I., Santoso, H., & Indrajit, R. E. (2022). Digitalisasi Musik Industri: Bagaimana Teknologi Informasi Mempengaruhi Industri Musik Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(01), 124–136. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V2i01.1395
Salawah, S., Wardani, Y., & Djannah, S. N. (2024). Peran Terapi Psikologis Seni Dan Musik Dalam Penanganan Depresi Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 9(3), 236. Https://Doi.Org/10.35842/Formil.V9i3.566
Sanjaya, R. A., Mustiawan, & Rahmawati, Y. (2025). Optimizing Micro Influencers In Advertising Activities On Tiktok (Bigbang Agency). 14(3), 603–615. Https://Doi.Org/10.31289/Perspektif.V14i3.14972
Santosa, D. A. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78–88. Https://E-Journal.Ivet.Ac.Id/Index.Php/Pawiyatan/Article/View/877
Setyasto, N., Inayati, A., Trianda, O., & Putri, S. A. (2025). Art Therapy Penerapan Ekspresi Seni Untuk Catarsis Emosi Pada Anak Di Dusun Kaligintung Melalui Kegiatan Lukisan. 3(12).
Sihabuddin, S., Itasari, A. A., Herawati, D. M., & Aji, H. K. (2023). Komunikasi Musik: Hubungan Erat Antara Komunikasi Dengan Musik. Translitera?: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(1), 55–62. Https://Doi.Org/10.35457/Translitera.V12i1.2679
Silman, F. B., & Narti, S. (2025). Musik Sebagai Media Kritik Sosial Pada Lagu “ Last Roar ” Yang Dipopulerkan Oleh Tuan Tiga Belas. 4(1), 129–134.
Syarifani, N. (2024). Implikasi Terapi Musik Sebagai Bentuk Katarsis Dan Relaksasi Emosi. 8.
Ugm, P. K. R. (2021). Indonesia - National Adolescent Mental Health (I-Namhs). Center For Reproductive Health Faculty of Medicine, Public Health, Nursing Ugm.
Utami, Y., & Rasmanna, P. M. (2023). Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. 4(2), 21–24.
Yosua Julian Tandidalla, W. K. (2024). Gambaran Masalah Emosional Dan Perilaku Remaja Di Kabupaten Kutai Barat. 8(6), 515–528.
Yuniasanti, R., & Sari, D. S. (2023). Katarsis Pada Mahasiswa Melalui Media Sosial: Psikoedukasi Meningkatkan Self Disclosure. Dedikasimu?: Journal Of Community Service, 5(3), 291. Https://Doi.Org/10.30587/Dedikasimu.V5i3.6331
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download