
(2) Didik Iswahyudi

(3) Engelbertus Kukuh Widijatmoko

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolik dari upacara wuat wa’i dalam kehidupan masyarakat Manggarai serta implikasinya dalam prospek pendidikan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan wawancara mendalam terhadap narasumber yang memahami tradisi wuat wa'i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upacara wuat wa’i tidak hanya memiliki nilai budaya dan religius yang tinggi, tetapi juga memuat nilai-nilai pendidikan seperti tanggung jawab, solidaritas sosial, dan penghormatan terhadap alam. Nilai-nilai ini sangat relevan dalam pengembangan pendidikan keberlanjutan yang menghargai kearifan lokal dan hubungan manusia dengan lingkungan. Dengan demikian, tradisi lokal seperti wuat wa'i dapat menjadi sumber pembelajaran kontekstual dalam sistem pendidikan modern KeywordsKearifan Lokal; Manggarai; Pendidikan Keberlanjutan; Simbolik Budaya; Wuat Wa’i
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1803-1811 |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.1803-1811 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abidin, Z. (2017). Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 45-56.
Asnawi, M. (2020). Tradisi atau Kebiasaan dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(2), 123-134.
Dewantara, A., Rahardjo, S., & Tanuwijaya, R. (2023). Model Pendidikan Berbasis Komunitas dalam Masyarakat Adat. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 8(1), 78-89.
Fransiskus Seda, & Maria Dominika Niron. (2022). Wuat Wa’i: Model Gotong Royong Masyarakat Manggarai dalam Pembiayaan Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 112-125.
Fusnika, A., et al. (2022). Budaya Gotong Royong dalam Masyarakat Manggarai. Jurnal Budaya dan Masyarakat, 3(1), 15-30.
Herman, R., & Widyastuti, S. (2021). Pendidikan Berbasis Komunitas dalam Tradisi Wuat Wa’i. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 67-79.
Hilda Trinita Nurti, & dkk. (2023). Fungsi dan Nilai Mantra Upacara Wuat Wa’i Pada Masyarakat Rempo Desa Pondo Kabupaten Manggarai Barat-NTT. Jurnal Budaya dan Masyarakat, 4(1), 67-80.
Jumpa, A. (2018). Tradisi Wuat Wa’i dalam Budaya Manggarai. Jurnal Budaya dan Pendidikan, 4(2), 90-102.
Maria, T., Ledo, A., & Wanggai, P. (2023). Tradisi Wuat Wa’i sebagai modal sosial dalam pendidikan tinggi di NTT. International Journal of Cultural and Educational Studies, 11(1), 133–150.
Mulyadi, A., et al. (2021). Dampak Ekonomi Kewajiban Adat terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(3), 112-125.
Rahman, F., et al. (2024). Wuat Wa’i sebagai Sistem Sosial dalam Masyarakat. Jurnal Sosial dan Budaya, 9(1), 45-60.
Rahardjo, S., & Tanuwijaya, R. (2022). Tantangan Pendidikan dalam Masyarakat Adat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 34-50.
Rahmawati, N., & dkk. (2023). Pengaruh Kewajiban Adat terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 9(3), 150-162
Ruben, A., et al. (2023). Modal Sosial dalam Tradisi Wuat Wa’i. Jurnal Sosiologi dan Budaya, 10(2), 90-105.
Santoso, B., et al. (2021). Dilema Pendidikan dalam Masyarakat Adat. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 5(3), 150-162.
Saraswari, D. (2017). Hak Dasar Warga Negara dalam Pendidikan. Jurnal Hukum dan Pendidikan, 2(1), 23-35.
Setiawan, R., & Nugroho, A. (2023). Keterlibatan Komunitas dalam Upacara Wuat Wa’i. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 100-115.
Siregar, M., & Handayani, R. (2022). Pengeluaran untuk Upacara Adat dan Dampaknya. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(2), 88-99.
Slikkerveer, L. (2019). Gotong Royong dalam Masyarakat. Jurnal Budaya dan Masyarakat, 4(1), 22-35.
Stefania Helmon, & Antonius Nesi. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Tuturan Adat Torok Wuat Wa’i Masyarakat
UNESCO. (2021). Education for sustainable development 2030: A framework for implementing the SDGs.
Widiastuti, S., et al. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Upacara Wuat Wa’i. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 45-60.
Yunus, A., & Ledo, R. (2022). Solidaritas Keluarga dalam Tradisi Wuat Wa’i. Jurnal Sosial dan Budaya, 9(1), 30-44
Zainuddin, A. (2020). Warisan Budaya dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 45-56
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.