Mengukur Aksesibilitas Digital bagi Penyandang Disabilitas dalam Aplikasi Pelayanan Publik di Kota Jambi

(1) * Riri Maria Riri Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(2) Hapsa Hapsa Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
(3) Mariatul Qibtiyah Mail (Universitas Jambi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan aksesibilitas digital yang dihadapi oleh penyandang disabilitas dalam menggunakan aplikasi layanan publik di Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan kuesioner yang dibagikan kepada 98 responden penyandang disabilitas. Analisis data menggunakan SEMpls 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aksesibilitas digital bagi penyandang disabilitas dalam aplikasi pelayanan publik di Kota Jambi dipengaruhi oleh beberapa variabel penting. Hasil analisis menunjukkan bahwa infrastruktur teknologi yang tersedia dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan serta evaluasi layanan digital memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan aksesibilitas. Kedua variabel ini terbukti reliabel dan valid, dengan nilai T-statistics yang tinggi dan P value yang sangat rendah, sehingga hipotesis terkait keduanya diterima. Di sisi lain, keberadaan dan efektivitas regulasi serta pengukuran keberhasilan kebijakan aksesibilitas digital tidak menunjukkan hasil yang signifikan, yang mengindikasikan perlunya perbaikan dalam aspek regulasi untuk mendukung aksesibilitas digital. Oleh karena itu, untuk menciptakan layanan publik digital yang inklusif bagi penyandang disabilitas, penting untuk memperkuat infrastruktur teknologi dan meningkatkan partisipasi masyarakat, sambil memperhatikan pengembangan regulasi yang lebih efektif dan mekanisme evaluasi kebijakan aksesibilitas digital. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengambil keputusan dan pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan aksesibilitas digital di Indonesia

Keywords


Aksesibilitas; Disabilitas; Aplikasi; Pelayanan Publik

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1786-1794
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i3.2025.1786-1794 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abinda Firdaus, I., & Arnidiana, A. (2021). Strategi Kota Bekasi dan Kota Jambi dalam Pengembangan Inovasi Digital dan Kreativitas Masyarakat. Jurnal Studi Inovasi, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i1.4

Asmarani, A. (2023). Analisis akuntabilitas birokrasi pemerintahan: studi kasus dalam meningkatkan efektivitas layanan publik. 1–38.

Cohen, N., & Hertz, U. (2020). Street-Level Bureaucrats’ Social Value Orientation On and Off Duty. Public Administration Review, 80(3), 442–453. https://doi.org/10.1111/puar.13190

Dunan, A. (2020). Government Communications in Digital Era: Public Relation and Democracy. Journal Pekommas, 5(1), 71. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050108

Halim, F. R., Astuti, F., & Umam, K. (2021). Implementasi Prinsip Agile Governance Melalui Aplikasi PIKOBAR di Provinsi Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(1), 48–67.

Harianto, D., & Zarefar, A. (2021). … Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (AKIP)(Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hilir). Jurnal Aplikasi Akuntansi. http://jaa.unram.ac.id/index.php/jaa/article/view/111

Hartati, I. (2020). Strategi Pembangunan Sdm Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi 4.0. Jurnal BPPK?: Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 13(1), 109–129. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v13i1.493

Hendriyaldi, H., & Musnaini, M. (2021). Analisis Pengaruh Pelayanan Publik Dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Lingkungan Pemerintahan Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 87–98. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12531

Kuddus, M. (2019). KONSEP E-OFFICE MENUJU PERUBAHAN PELAYANAN BIROKRASI BERBASIS DIGITAL (good governance). 6(1).

Kurniawan, D. I., Maulana, A., & Wicaksono, I. (2021). Agile Governance Sebagai Bentuk Transformasi Inovasi Pemerintah Daerah. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember, 1–9.

Lesnussa, R., Pramarta, V., Carlof, C., & Putri, R. D. (2023). Strategi Pengembangan Kapabilitas Organisasional Dalam Era Digital Fokus Pada Adaptasi Dan Inovasi. 1(3).

Natalea, D. I., & Christiani, L. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan Aplikasi Perpustakaan Digital Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 112–120. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26800

Pamungkas, T. K., & Jakfar, M. H. A. (2022). Efektivitas kinerja pemerintah desa dalam pelayanan publik. Jurnal Paradigma Madani. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/PAR/article/view/1493

Prasodjo, T. (2017). Paradigma Humanis dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 38. https://doi.org/10.26858/jiap.v7i1.3438

Rahayu, R. F., & Ibrahim, I. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka. Jurnal Studi Inovasi, 3(1), 118–131. https://doi.org/10.52000/jsi.v3i1.128

Saputro, H. N. (2023). Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik. In Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik (Vol. 26, Issue 1). https://doi.org/10.31845/jwk.v26i1.823

Saputro, R. H. (2021). Tantangan Pelayanan Publik Berbasis Sistem Informasi Di Era Revolusi 4.0. SAWALA: Jurnal Administrasi Negara, 9(1), 89–101.

Sayuri, E. (2021). Transformasi Digital, Pelayanan Publik Di Masa Pandemi. Ekasakti Educational Journal, 1(2), 278–292.

Syalianda, S. I., & Kusumastuti, R. D. (2021). Implementation of smart city concept: A case of Jakarta Smart City, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 716(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/716/1/012128

Tengkeran, N., Karundeng, D. R., & Gorontalo, U. (2023). Journal Economy And Currency Study (JECS) Volume 5, Issue 1, January 2023 Journal Homepage: https://pusdikra-publishing.com/index.php/jecs. 5(1), 80–91.

Tiaranika, U., & Maesaroh, M. (2020). Inovasi Pelayanan Superone (Surat Pengantar Online) Di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Dialogue?: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(2), 160–175. https://doi.org/10.14710/dialogue.v2i2.9942

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101

Yanti, O. (2022). Transformasi pelayanan publik digital di masa pandemi covid-19 untuk mewujudkan e-government di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 2085–1960.

Yusriadi, Y., & Farida, U. (2019). Bureaucracy Performance in Public Services in Indonesia. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 17. https://doi.org/10.26858/ja.v6i1.9434

Zarychta, A., Grillos, T., & Andersson, K. P. (2020). Public Sector Governance Reform and the Motivation of Street-Level Bureaucrats in Developing Countries. Public Administration Review, 80(1), 75–91. https://doi.org/10.1111/puar.13132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.