Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Budaya Literasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Fase E SMAN 1 Suliki

(1) * Nurgia Ananda Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(2) Erningsih erningsih Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(3) Yanti Sri Wahyuni Mail (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Budaya literasi merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa di era informasi. Berdasarkan observasi di SMAN 1 Suliki, ditemukan bahwa budaya literasi siswa masih rendah, terlihat dari rendahnya minat membaca, lemahnya pemahaman membaca, dan rendahnya partisipasi diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap budaya literasi siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas X Fase E SMAN 1 Suliki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme Vygotsky. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposif: satu kelas eksperimen menggunakan Reciprocal Teaching dan satu kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner budaya literasi dan dokumentasi hasil belajar. Hasil uji hipotesis dengan Uji Sampel Independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (sig. 0,00 < 0,05), dengan selisih skor rata-rata sebesar 41,54. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Pengajaran Resiprokal secara signifikan meningkatkan budaya literasi siswa

Keywords


Pengajaran Timbal Balik; Budaya Literasi; Pembelajaran Sosiologi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2437-2447
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2437-2447 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aswat, H., & Syamsurijal, S. (2019). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri I Topa Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 12–20. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.293

Azizah, C., & Darmawan, D. (2024). PENGARUH BUDAYA LITERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SETINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS Cholifatul. 6, 1–19.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188). CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Al-Manar, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Firman, M. (2017). Pengaruh kompetensi sosial guru pai terhadap efektivitas pembelajaran pai di kelas x smk ymj ciputat.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. uNDIP.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.

Kamaruddin, I., Kurniawan, A., Mahmud, R., Saleh, S., Megavitry, R., Hartiningsari, D. P., & Dina Merris Maya Sari, R. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

References should follow the style detailed in the APA 6th Publication Manual. Make sure that all Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teachiberbantu Pendekatan Inkuiri Terhadap Kemampuaberpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik Padmateri Fisika Sman 1 Sidomulyo. July, 1–23.

Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

Wiguna, D., Ihsanudin, & Khaerunnisa, E. (2020). Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampua Literasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi, 1(2), 114–126.

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.