Literasi Digital dan Keterampilan Abad 21: Inovasi Pembelajaran Digital Era New Normal

Deka Veronika, Adi Putra, Candra Ovita Sari

Abstract


Di era digital pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan abad 21 menjadi kunci dalam menjawab tantangan pendidikan tinggi. Peralihan ke pembelajaran daring menuntut dosen tidak hanya menguasai materi, tetapi juga mampu membimbing mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi literasi digital dosen Universitas Muhammadiyah Jambi di era new normal, menilai efektivitas inovasi pembelajaran digital terhadap keterampilan abad 21 mahasiswa, serta menganalisis tantangan implementasinya. Studi ini menawarkan model pembelajaran berbasis konstruktivisme dan project-based learning yang adaptif dan inklusif, dengan pemanfaatan platform digital untuk mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam pemecahan masalah nyata. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran digital berkontribusi positif terhadap peningkatan literasi digital dan keterampilan dosen maupun mahasiswa. Kepercayaan diri dan self-efficacy dalam penggunaan teknologi terbukti mendukung keberhasilan pembelajaran, memperkuat kemampuan analitis, kolaborasi, dan kemandirian belajar. Namun, tantangan masih ditemukan, terutama terkait kebutuhan pendampingan mahasiswa serta keterbatasan pelatihan bagi dosen dalam mengintegrasikan teknologi. Meski begitu, penggunaan platform digital seperti LMS dan modul daring terbukti efektif dalam mendukung pengelolaan pembelajaran yang lebih sistematis

Keywords


Keterampilan abad 21; Literasi digital; Pembelajaran digital; Pendidikan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. B., Farkhan, M. N., Tasjuddin, M. R., & Aziz, S. (2024). Linguanusa Digital Literacy as a Fundamental Competency in the 21st Century Education, 2(3), 18–32.

Braun, V., & Clarke, V. (2014). Using thematic analysis in psychology, (January 2006). https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Walkem, K., Young, S., & Bywaters, D. (2020). Purposive sampling : complex or simple ? Research case examples. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-leftwich, A. (2014). Teacher Technology Change : How Knowledge , Beliefs , and Culture Intersect Teacher Technology Change : How Knowledge , Beliefs , and Culture Intersect, (June). https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551

Hodges, C. B. (2020). View the full-text article online :, (March).

Kei, V. L. M. (2024). A Qualitative Study Of The Motivations, Challenges, Methodologies And Impacts Of Homeschooling Undertaken By A Homeschool Educator In Hong Kong.

Kemendikbudristek. (2020). Buku Panduan.

Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2024). Introduction to Multimedia Learning, (November). https://doi.org/10.1017/9781108894333.003

Navickiene, V., Dagiene, V., Jasute, E., & Butkiene, R. (2021). Pandemic-Induced Qualitative Changes in the Process of University Studies from the Perspective of University Authorities.

Prabowo, H. A. (2025). Kecakapan Digital di Kalangan Mahasiswa : Tinjauan Aspek Literasi Digital, 19(2022), 593–603.

Raharja. (2023). Pengaruh Problem Based Learning , Flipped Clasroom Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar, 13, 21–31.

Ramadani, N. (2024). Optimalisasi Literasi Digital oleh Pemerintah untuk Mendukung Agenda SDGs Goals-17 : Partnership for The Goals Universitas Siliwangi dilakukan dengan cara meningkatkan literasi digital pada masyarakat . Masyarakat yang cerdas, 2(2).

Ratnawati, E. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam pembelajaran Daring Pada Masa pandemi Covid -19, X(1), 96–113.

Smiciklas, M. (2012). The Power Of Infographics.

Tondeur, J., Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-leftwich, A. (2016). Understanding the relationship between teachers ’ pedagogical beliefs and technology use in education : A systematic review of qualitative evidence. Educational Technology Research and Development, (September). https://doi.org/10.1007/s11423-016-9481-2

Vaughan, N. D., & Cleveland-innes, M. (2023). Principles of Blended Learning : Shared Metacognition and Communities of Inquiry Principles of Blended Learning. https://doi.org/10.15215/aupress/9781771993920.01

Wan, N. (2012). Can we teach digital natives digital literacy ? https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Xiaodi, Y., Yunus, M., & Rafiq, K. R. M. (2024). Digital Collaborative Learning in Higher Education : A Systematic Review, 13(1), 1110–1122. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v13-i1/20697

Zaid I. Almarzooq, et al. (2020). Virtual Learning During the, (January).




DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1630-1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.