Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kohesivitas Karyawan Tomoro Coffee Cabang UNPAM Viktor

(1) * Annisa Ratu Mail (Universitas Pamulang, Indonesia)
(2) Gina Fauziah Mail (Universitas Pamulang, Indonesia)
(3) Faisal Faisal Mail (Universitas Pamulang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Maraknya kedai kopi di Indonesia telah menciptakan perubahan dalam gaya hidup masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa. Tomoro Coffee, sebagai salah satu kedai kopi yang berkembang pesat di JABODETABEK, menempatkan komunikasi organisasi sebagai elemen penting dalam meningkatkan kohesivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kohesivitas karyawan di Tomoro Coffee cabang UNPAM Viktor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali dinamika komunikasi yang terjadi di antara karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di lingkungan kerja Tomoro Coffee cabang UNPAM Viktor berfungsi tidak hanya untuk keperluan pekerjaan, seperti koordinasi tugas dan evaluasi kinerja, tetapi juga membangun hubungan interpersonal yang lebih erat. Komunikasi yang efektif mendorong kolaborasi tim, memperkuat rasa kebersamaan, serta meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Selain itu, komunikasi organisasi berperan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan serta menghadapi tantangan internal dan eksternal. Dengan komunikasi yang baik, karyawan dapat bekerja lebih harmonis dan produktif. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar karyawan Tomoro Coffee terus mempertahankan komunikasi yang efektif guna memperkuat kohesivitas tim dan meningkatkan kinerja organisasi

Keywords


Komunikasi Organisasi, Kohesivitas Kelompok, Studi Kasus, Teori Sistem Sosial, Tomoro Coffee

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.406-418
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i1.2025.406-418 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Buku:

Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2014). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Berg, R. C., Landreth, G. L., & Fall, K. A. (2017). Group Counseling: Concept and Procedures. New York: Routledge.

Dr. Arni Muhammad. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dr. Faturochman, M. A. (2009). Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Pinus.

Forsyth, D. R. (2010). Group Dynamics: Fifth Edition. Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.

Hardjana, A. (2021). Komunikasi Organisasi: Strategi Interaksi dan Kepemimpinan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hermaini, dkk. (2016). Psikologi Kelompok. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Morissan. (2024). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2018). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellence. Jakarta: PT Gramedia.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus Edisi Kedua. Depok: Rajawali Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2018). Komunikasi Organisasi: Prinsip Komunikasi Untuk Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwatno. (2019). Komunikasi Organisasi Kontemporer. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jurnal:

Julius, N. T., & Okachi-Okereke, C. G. (2020). Group Cohesiveness and Organizational Effectiveness In The Telecommunication Sector, Rivers State. International Journal of Advanced Academic Research Social and Management Sciences, 6(3), 31-39. Retrieved from https://www.ijaar.org/articles/v6n3/sms/ijaar-sms-v6n2-feb20-p18.pdf on September 15, 2024.

Katuuk, O. M., Mewengkang, N., & Kalesaran, E. R. (2016). Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Sanggar Seni Vox Angelica. E-Jurnal Acta Diurna, 5(5), 1-10. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13546/13132 on September 15, 2024.

Siregar, F. A., & Usriyah, L. (2021). Peranan Komunikasi Organisasi dalam Manajemen Konflik. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(1), 163-174. Retrieved from https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah/article/view/147 on September 15, 2024.

Dokumen:

Kusrini, M. Y. (2023). Tomoro Coffee Sajikan Kopi Kualitas Terbaik yang Berteknologi Tinggi. Retrieved from https://www.yukmakan.com/post/tomoro-coffee-sajikan-kopi-kualitas-terbaik-yang-berteknologi-tinggi#:~:text=Tomoro%20Coffee%20merupakan%20salah%20satu,biji%20kopi%20arabika%20berkualitas%20terbaik on September 15, 2024.

Campion, C. B. (n.d.). Effects of Organisational Communication on Group Cohesion in a Multi-Campus University. Unpublished manuscript.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.